Aktif bermain Instagram untuk lawan depresi

934
0

Aktif di Instagram bukan sekedar mengisinya dengan foto selfie ataupun unggahan bertagar #foodporn yang menampilkan begitu banyak foto makanan lezat penggugah selera. Lebih dari itu, menurut studi ilmiah terbaru yang dilakukan oleh Universitas Drexel, Inggris, adalah medium untuk mengekspresikan depresi dan rasa ketidakamanan.

Karakter unggahan foto yang berbeda dari setiap pemilik akun Instagram banyak menggambarkan upaya pencarian solusi atas problematika yang menghampiri dirinya.

Pernyataan di atas merupakan hasil dari penelitian terhadap hampir 800 unggahan foto di Instagram yang tagar #depression yang dipilah dari 90.000 unggahan milik 24.920 akun unik selama satu bulan. Apa yang kemudian ditemukan?

Terkait isu depresi, Instagram ternyata banyak digunakan untuk mengkomunikasikan perbincangan mengenai isu kesehatan dan dukungan untuk mengatasi masalah kesehatan psikologi.

Instagram

Mengunggah foto ke Instagram adalah alternatif bagi mereka yang kesulitan untuk mengekspresikan perasaan dalam bentuk kata-kata. Selain itu, Instagram juga dianggap sebagai tempat yang nyaman untuk mengungkapkan perasaan dalam bentuk visual. Bahkan, tak jarang juag berfungsi sebagai medium bertemunya orang-orang dengan kesamaan paham dan masalah,” jelas Andrea Forte, pimpinan studi terkait.

Kesimpulan yang menyebut Instagram sebagai tempat yang aman bagi para individu yang memiliki dilema dengan dirinya semakin diperkuat dari rentetan sebagian besar komentar yang ditujukan terhadap unggahan terkait.

Dalam beberapa unggahan bertagar #fat (gemuk) misalnya, masih menurut Andrea, ditemukan lebih banyak komentar suportif terhadap si empunya unggahan.

Ketika ada yang berkomentar negatif terhadap unggahan depresif, justru akan lebih banyak serangan positif yang melindungi si pengunggah. Di sinilah, penggugah terkait merasa aman karena mendapat dukungan moril,” lanjut Andrea.

TEKS: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

Pakai GrabCar sebanyak-banyaknya dr tanggal 6-15 Maret dg kode GRABHRFMCONCERT & siap-siap nonton konser di Bangkok tanggal 7 April GRATIS! http://bit.ly/HRFM2121

Baca juga:
Sony Xperia Touch: teknologi ‘Jarvis’ Iron Man
Kristen Stewart memutuskan berani tampil telanjang
Rencana Anne Hathaway & Julie Andrews dalam Princess Diaries 3