Akun Gmail Tidak Aktif Selama 2 Tahun Akan Dihapus Google

248
Akun Gmail Tidak Aktif Selama 2 Tahun Akan Dihapus Google

Blog resmi raksasa mesin pencari Google menyampaikan kalau mereka akan hapus akun Gmail yang sudah tidak aktif selama dua tahun.

“Mulai akhir tahun ini, jika ada akun Google yang tak digunakan atau tak sign in selama 2 tahun, kami akan menghapus akun beserta konten di dalamnya,” tulis keterangan resmi, dikutip Rabu (17/5/2023).

Akun Gmail Tidak Aktif Selama 2 Tahun Akan Dihapus Google

Perlu lo ketahui, bukan hanya akun Gmail, semua ekosistem di Google Workspace seperti Docs, Drive, Meet dan Calendar.

Bahkan, akun YouTube dan Google Photos juga bakal dihapus jika terbengkalai selama dua tahun. Google bilang kebijakan ini sudah berlaku, namun penghapusan dimulai pada Desember 2023 mendatang.

“Sebelum menghapus akun, kami akan mengirimkan banyak notifikasi beberapa bulan sebelumnya. Notifikasi akan dikirim ke alamat email utama dan email recovery (jika tersedia),” kata Google.

Tujuan dari penghapusan akun tidak aktif ini demi menjaga keamanan pengguna. Menurut Google, akun yang tak aktif rentan dieksploitasi penjahat siber.

Hal ini dikarenakan akun Google yang lama tak terpakai kerap tak mengaktifkan fitur keamanan verifikasi-2-faktor (2-step-verifcation).

Baca Juga: Negara-negara Ini Bebaskan Visa untuk Wisatawan Indonesia

“Akun yang tak memakai fitur verifikasi-2-faktor) lebih rentan mengalami pencurian identitas dan menjadi korban konten berbahaya,” Google menjelaskan.

Akun Gmail Tidak Aktif Selama 2 Tahun Akan Dihapus Google

Sebagai catatan, Google mengatakan kebijakan ini hanya berlaku untuk akun personal. Jadi, akun bisnis atau organisasi tak bakal dihapus meski tak aktif selama 2 tahun.

Jadi, buat lo yang gak penge akunnya hilang, mending cepet log-in kembali.

LEAVE A REPLY