Apa sih seni Psychedelic? Ini cerita singkatnya

14680
0

Apa Sih Seni Psychedelic? Ini Cerita Singkatnya

Bila kalian pernah melihat suatu gambar dengan tulisan melengkung ditambah efek warna-warni, kalian tidak salah, itu adalah salah satu bentuk seni psychedelic yang tertuang dalam suatu gambar. Ada banyak bentuk lainnya, salah satunya video visual, juga musik.

Menurut berbagai macam literatur, kata psychedelic itu sendiri berasal dari bahasa Yunani, Psycho, artinya pikiran, jiwa, dan mental, dan Delic atau Delein, artinya memanifestikan, mewujudkan/merealisasikan.

Bisa dikatakan cecara mudah, psychedelic itu suatu manifesti jiwa atau merealisasikan visi dari suatu pikiran. Secara lebih luas psychedelic juga dapat diartikan sebuah hal atau sifat yang berkaitan tentang mewujudkan pola-pikir, menerjemahkan jiwa.

Suatu kemampuan dalam memvisualisasikan apa yang ada di pikiran menjadi vision (penglihatan), yang akan terasa sangat nyata. Pengalaman psychedelic sering dibandingkan dengan bentuk kesadaran seperti trance (keadaan tidak sadar diri), meditasi, yoga, dan bermimpi.

Lebih mudahnya disebutkan kalau psychedelic art itu adalah visual dengan memainkan jiwa, raga, dan pikiran,” ujar Yoel Niko Putra salah satu seniman psychedelic art menjelaskan tentang pengertiannya.

Sejarah seni psychedelic itu sendiri berawal dari suatu grafis yang diperkenalkan William Addison Dwiggins seniman tipografi Amerika pada 1922 silam. Namun, hal ini baru berkembang di era 1960-an kala terjadi sebuah pertentangan norma sosial akibat perang Vietnam saat itu, sehingga timbulah aliran seni psychedelic sebagai bentuk perlawanan melawan propaganda pemerintah aibat perang yang tak kunjung usai.

Di era itu juga musik yang dinamakan aliran psychdelic mulai bermunculan dan diminati. Ganja, kala itu menjadi pemicu bagi mereka untuk mengeksplor imajinasi ke dalam bentuk seni.

Disamping itu, menurut Yoel yang memiliki nama Instagram @bujangankota, menceritakan kalau di era tahun itu juga terjadi suatu pertentangan tentang bentuk desain grafis.

Contohnya, tulisan yang dibentuk dalam sebuah poster sesungguhnya harus mudah dibaca bagi yang melihatnya, namun menurut Victor Moscoso, seniman psychelic art legendaris asal Amerika mengatakan hal berbeda.

Bagi dia tulisan perlu dibuat untuk sulit dibaca entah dari pemilihan warna yang vibrant ataupun bentuk yang meliuk, alasannya agar yang melihat visualnya akan berhenti sejenak memperhatikan dan fokus dengan pesan yang ingin disampaikan seniman tersebut. Itu juga salah satu alasan seni psychedelic berkembang hingga sekarang.

Hampir sama dengan di Amerika Serikat, seni psychedelic di Indonesia juga berkembang di era tersebut terutama melalui jalur musik. Hal ini terlihat dari banyaknya band yang mengusung jenis musik tersebut.

Belum lagi tampilan kover album yang mengacu pada jenis seni psychedelic. Coba saja lihat kover album dari The Rollies, Koes Plus, Dara Puspita, MC Voice, dan banyak lainnya yang terinspirasi dari seni psychedelic sederhana. Sementara di era sekarang menurut Yoel, ia menamakannya era neo-psychedelia.

Sekarang ini merupakan era baru bagi psychedelic sendiri dengan pengolahan baru dari banyak referensi gaya desain lain. Tak sedikit sesungguhnya anak muda yang tertarik dengan gaya desain seperti ini untuk era sekarang,” kata Yoel yang banyak terinspirasi dari seniman macam Rick Griffin, Victor Moscoso, Bonnie MacLean, Stanley Mouse dan banyak nama lainnya.

Lalu apa yang membedakan seni psychedelic dengan yang lain? Dalam hal ini Yoel mengatakan psychedelic akan terlihat berbeda ketika menikmatinya, terutama dari permainan warna, bentuknya, ataupun statement yang diangkat di dalam karya tersebut.

Untuk karya saya sendiri yang membedakan adalah ketika saya menciptakan sebuah karya psychedelic dengan ilusi mata, warna-warna vibrant, bentuk tertentu, paduan gaya desain tertentu yang mencerminkan saya dengan konstan namun berbeda di tiap karyanya. Seperti mengubah pola pikir orang kalau itu adalah karya saya dengan menciptakan “permainan” didalam karya tersebut,” pungkasnya.

Cukup sekian cerita singkat tentang psychedleic art yang mungkin saja membuat Anda tertarik untuk mencobanya dibandingkan hanya membaca saja. Selamat mencoba!

Source: Maxim Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Dengarkan lagu terbaru Gorillaz setelah 6 tahun
Paris Jackson mengungkapkan kejanggalan kematian sang ayah
Nominasi Penghargaan Oscar 2017