ARTPOP – Lady Gaga

624
0
hrfm lady-gaga-artpop

Yup! Di persaingan industri musik yang ada sekarang, Gaga tak gentar menghadapi para solois wanita yang kini juga sedang gencar melakukan promosi untuk album terbaru mereka. 

Beberapa rival Gaga antara lain Katy Perry, Britney Spears, Selena Gomez, Demi Lovato, dan Miley Cyrus. Yang disebutkan terakhir adalah pesaing terberatnya dalam mendapatkan perhatian massa untuk saat ini. Meskipun persaingan akhirnya dimenangkan Gaga dari segi kekuatan karakter yang dinilai publik lebih menyenangkan dan humanis. 

Single terbarunya, ‘Applause‘, yang diambil dari album ketiga, dirilis bulan November tahun ini. Menyusul kesuksesan album Born This Way, Gaga mengajak beberapa produser untuk menggarap Artpop seperti Zedd, RedOne, dan DJ White Shadow yang telah lama berkolaborasi dengannya untuk album-album sebelumnya. Sementara dari kubu urban/soul serta hip hop ia menghadirkan R. Kelly, Twista, dan Too Short. 

Artpop digambarkan sebagai album yang didominasi warna synth pop, jauh berbeda dengan Born This Way. Gaga juga menyelipkan warna industrial, R&B, tekno, disco dan rock, yang membuat album ini lebih variatif dibandingkan dua album sebelumnya yang terkesan sangat pop. Salah satu contohnya adalah lagu berjudul Aura yang kental sentuhan Latin dengan balutan instrumen gitar Spanyol. Lagu ini juga masuk ke dalam soundtrack film “Machete Kills”.