Ayo, Mulai Bisnis

1549
ayo-mulai-bisnis

 

Ayo, kita mulai berbisnis. Banyak orang takut untuk mengambil risiko dengan memulai bisnis. Ketakutan pertama adalah takut gagal. Perasaan mengalami kerugian di awal bisnis atau tidak balik modal setelah tiga atau enam bulan menjalani bisnis itu memang wajar terjadi. Apalagi kebiasaan mengikuti sistem kemudian harus punya sistem baru mungkin jadi salah satu faktor orang tidak berpikir untuk beralih profesi sebagai wirausaha. Tapi, ingat juga berapa banyak orang yang beruntung serta penghasilan yang bisa diraih dalam berbisnis, jadi faktor pendukung yang menghibur kan. Memulai bisnis itu mudah kok, asalkan dengan langkah tepat sebelum dan saat menjalankannya. Dalam siaran Drive and Jive segmen Seal The Deal pada Selasa (15/1) lalu, Michael R. Tampi dari Kinara Indonesia berbagi tips cara memulai bisnis yang baik dan benar nih :

1. Mulai dari hal kecil. Mulai dari apa yang lo punya dan apa yang lo bisa. 

2. Setelah tau mau bisnis apa, cari mentor yang udah jalan duluan di bisnis sejenis. Cari tau risiko dan peluang terjadinya secara detail. Hal ini juga penting dilakukan untuk mempersiapkan mental kita.

3. Gabung di komunitas wirausaha dan bisa ikutan milis. Perbanyak waktu untuk mengobrol dengan yang lebih senior dalam berbisnis untuk tukeran info di saat kita sedang buntu.

Ketika kita sudah mempertimbangkan risiko terbaik dan terburuknya dengan matang, langkah selanjutnya adalah mengajukan modal usaha. Siap untuk memulai bisnis? Dengerin tips lainnya soal bisnis di Seal The Deal – Drive and Jive setiap hari Selasa 7-8 malam.