Tips Menghindari Para Begal

1643
begal

Akhir-akhir ini, kasus begal makin marak dan semakin ‘panas’. Beberapa daerah pun menjadi titik rawan untuk dilewati karena adanya begal yang beraksi. Nggak cuma membahayakan, para begal ini juga sudah memakan korban dengan cara yang terbilang cukup kejam. Bagi Hard Rockers yang suka berkendara di malam hari, sebaiknya selalu was-was dan hati-hati. Mungkin tips dibawah ini bisa cukup membantu.

1. Tidak melakukan perjalanan di malam hari

Usahakan banget untuk nggak melakukan perjalanan di tengah malam, atau di atas jam 10 malam. Karena, biasanya para pembegal akan beraksi setelah jam 10 malam untuk mengincar para korbannya.

2. Pulang berkelompok

Pembegal biasanya mengincar pengendara yang sendirian. Maka dari itu, saat pulang usahakan untuk pulang berkelompok dengan teman kuliah maupun teman kantor. Carilah teman-teman dengan rute yang sama agar mengurangi ancaman begal.

3. Pilih rute yang ramai

Meski terpaksa harus pulang malam, pilihlah rute yang ramai walaupun jauh, daripada cepat tapi nggak aman. Carilah jalan dengan penerangan yang baik serta dilalui banyak kendaraan

4. Hindari barang yang mencolok

Biasanya, para begal akan mengincar korban dari apa yang mereka pakai. Usahakan jangan menggunakan smartphone di jalan, karena sinar terang ini biasanya akan memancing kedatangan begal.

5. Nyerah saja

Seandainya Lo ketemu dengan pembegal [amit-amit sih] serahkan saja apa yang mereka minta. Melawan atau membela diri justru malah membuat para begal panik, dan dapat melakukan sesuatu yang di luar perkiraan. Rejeki bisa dicari, tapi kalau nyawa? « [teks @chrissjee | sumber hai magazine | foto infonitas.com]