Jomblo di Hari Valentine? Jangan Khawatir

1939
tips jomblo

Tinggal menghitung jari untuk tiba ke hari kasih sayang atau valentine. Pasti banyak jomblowati dan jomblowan yang minder takut nggak bisa ngerayain valentine.

Nggak usah stress dan nggak usah berdoa supaya Jakarta hujan besar dan banjir ya, karena Dr. Ricardi Adnan, seorang sosiolog dari Universitas Indonesia mengatakan,”Hari Valentine itu merupakan budaya barat yang diadopsi masyarakat Indonesia dan tentu tidak ada salahnya untuk merayakan hari kasih sayang. Namun persepsi harus ada acara khusus di hari itu, mendapat/berkirim bunga atau kartu malah kadang memberi tekanan dalam sebuah hubungan. Apalagi bagi para jomblo, ada yang merasa tersisih, terabaikan pada hari itu. Padahal Hari Valentine dan berbagai ungkapan kasih sayang itu seharusnya terjadi setiap hari, khususnya kepada orang-orang terdekat. Jadi seharusnya tidak menjadi hari yang membuat stress.”

 So, nggak ada hal yang perlu lo takutin untuk menjadi jomblo di hari valentine kalo lo ikutun beberapa tips dibawah ini

1. Friends with benefit

No. Bukan yang seperti lo pikirin, guys. Maksudnya adalah lo bisa pergi bersama temen cewekatau cowok yang bisa diajak seru-seruan. Atau bisa juga temen lo yang udah jadi brozone atau siszone malah bisa jadi fatherzone. Lo bisa pergi ke tempat yang lo mau, sekedar makan atau seru-seruan yang lain. Pilih resto mahal sekali-sekali nggak apa-apa asal nanti bayarnya sendiri-sendiri kecuali kalo lo punya temen yang masuk dalam kategori atmzone.

2. Jatuh cinta dengan hal baru

Para jomblo, ini saatnya untuk move on. Sedih ya boleh tapi jangan sampai berlarut-larut. Cobalah beberapa hal baru misal ikut zumba atau belly dance agar perut rata. Mungkin bisa juga menumpahkan kesedihan lo dengan ikut kelas paralayang di puncak. Siapa tau aja nanti terbang barengan bucek depp. Who knows?

3. Bawa cinta ke orang-orang yang membutuhkan

 Share the love. Cinta kan nggak selalu tentang pasangan, keluarga, dan teman. Lo bisa membagikan kasih sayang lo kepada orang yang membutuhkan misalnya lo datang ke panti jompo atau panti asuhan. Atau bisa aja lo membagikan makanan kepada tunawisma yang ada di jalan. Mereka juga harus merasakan kasih sayang di hari valentine dong. Nggak cuma mereka yang merasa dihargai, mungkin hari itu akan menjadi hari yang paling berharga dalam hidup lo. 

4. Selalu buat rencana cadangan

Apapun bisa terjadi. Yang direncanakan lama pun bisa batal. Daripada bete, mending lo atur rencana cadangan misal pergi dengan sahabat lo ke dufan trus malemnya nonton bareng sama mamah-papah atau kalo mamah papah pengen valentine an berduaan aja, ya lo bisa makan malem dengan si dia….. kalo ada.

5. Jangan takut mencari prospek lewat aplikasi

Masih ada beberapa hari tersisa lho sebelum Valentine. Mungkin telat jika lo menggunakan cara pendekatan yang kuno ala Indonesia, soalnya sekarang kan era digital. Lo bisa mengunduh aplikasi meet & connect dan pilih mana prospek yang cocok dalam hitungan detik.

Ambil contoh Aplikasi Paktor. Aplikasi ini sudah tersedia gratis di iOS App Store, Google Play Android serta web.gopaktor.com. Aplikasi ini akan terhubung dengan akun Facebook jika diunduh.

Tapi berbeda dengan aplikasi serupa lainnya, Hard Rockers hanya dapat menggunakannya kalau punya teman Facebook lebih dari 50 orang. Mekanisme ini membuat aplikasinya lebih aman. Paling nggak, tidak ada akun palsu. Dengan menimbang jumlah pengguna aktif bulanan ponsel pintar di Indonesia, yang hampir mencapai 40 juta orang, siapa tahu Lo dapat temen baru pas Hari Valentine dengan menggunakan aplikasi. Cukup dengan satu kali “geser ke arah yang benar” untuk menemukan sang tambatan hati. [teks @chrissjee/cognito | foto tumblr]