Cara Menjaga Kesehatan Testosteron, Hormon Penting Pada Pria!

204
Cara Menjaga Kesehatan Testosteron, Hormon Penting Pada Pria!

Testosteron tidak bisa lepas dari pembahasan pria. Soalnya hormon ini punya peranan dan fungsi penting yang berkaitan dengan produksi otot sampai kesehatan seksual laki-laki.

Testosteron sendiri merupakan hormon reproduksi pada laki-laki. Apabila lo memiliki gangguan atau rendahnya hormon ini maka bisa menyebabkan sejumlah masalah.

Cara Menjaga Kesehatan Testosteron, Hormon Penting Pada Pria!

Seperti dilansir dari hellosehat.com kurangnya hormon testosterone dapat menyebabkan berkurangnya kekuatan dan massa otot, libido rendah, disfungsi ereksi (impotensi), testis mengerut, dan gangguan kesuburan.

Cara Menjaga Kesehatan Testosteron, Hormon Penting Pada Pria!

Oleh sebab itu lo harus menjaga kesehatan hormon testosteron atau menjaganya agar tetap stabil dengan cara berikut ini:

Tidur yang cukup

Menurut George Yu, MD, dosen di George Washington University Medical Center di Washington D.C, kurang tidur dapat menyebabkan laki-laki mengalami penurunan produksi hormon yang disebabkan oleh munculnya hormon lain yang mempengaruhinya.

Kurangi berat badan

Kalau lo mengalami obesitas atau kegemukan, produksi testosteron biasanya akan menurun.

Olahraga

Saat lo aktif dan berolahraga, maka otak pun akan mengirim sinyal untuk memproduksi hormon lebih banyak.

Baca Juga: Melihat Keistimewaan dan Cara Menggunakan TikTok TV

Hindari stress

Stress bisa membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang mempengaruhi produksi hormon laki-laki. Hindari stres dengan sering berolahraga dan tenangkan pikiran dengan bermeditasi.

Mengonsumsi makanan tertentu

Makanan yang cocok untuk meningkatkan kadar testosteron adalah makanan yang kaya akan vitamin D, tuna, susu rendah lemak, kuning telur, tiram, kerang-kerangan, daging sapi, dan kacang.

LEAVE A REPLY