Come And Kiss Me!

824
hrfm kiss me

Ciuman jadi hal yang berarti banget bagi pasangan kekasih, yang nggak punya pasangan pasti cuma bisa gigit jari (iya nggak sih?) ternyata ada sejumlah manfaat bagi tubuh yang ditimbulkan saat sedang berciuman selain bisa membakar banyak kalori, seperti:

1. Mengurangi Alergi Saluran Pernafasan

Kalau merasa punya penyakit alergi debu dan udara yang menyebabkan bersin yang berkepanjangan, hal yang dilakukan selain meminum obat dari dokter adalah berciuman. Menurut sebuah penelitian dari Jepang, ciuman yang dilakukan selama 30 menit dapat mengurangi produksi histamine yang mampu mengurangi gejala alergi seperti bersin-bersin dan juga bisa menurunkan risiko demam yang disebabkan oleh alergi yang berkelanjutan. Terdengar lucu sih, tapi ternyata dengan berciuman secara nggak langsung bisa menghangatkan saluran pernapasan dan mengurangi bersin-bersin tersebut.

2. Meningkatkan Imun Tubuh Dan Menyehatkan Rongga Mulut

Manfaat berciuman kedua adalah meningkatkan imun tubuh. Sewaktu berciuman sebanyak 20 persen bakteri tertinggal di rongga mulut dan saling berpindah melalui air liur. Saat air liur berpindah, maka tubuh akan langsung membentuk perlindungan yang menciptakan antibodi. Dan perlu diketahui juga bahwa sistem kerja ciuman hampir sama dengan sebuah suntik imunisasi. Nggak cuma itu, ciuman juga dapat menetralisir kondisi asam pada rongga mulut yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi. Selain itu, bertambahnya jumlah air liur akan membersihkan sisa-sisa makanan yang menumpuk.

Tapi ada yang harus diingat, sebelum berciuman, haruslah sama-sama menjaga kebersihan rongga mulut, karena rongga mulut yang tidak sehat bisa membuat tertular berbagai masalah kesehatan di dalam mulut.

3. Menghilangkan Stress

Lagi stress? Coba minta pasangan untuk mencium Hard Rockers (kalau yang nggak punya pasangan, ya udah pasrah aja ya). Menurut penelitian, saat sedang berciuman selama 20 detik, banyak hormon baik yang terlepas dari tubuh. Kalau lebih dari itu? Ya hitung sendiri berapa banyak hormon ‘kebahagiaan’ yang didapat hal ini sama seperti menikmati sebatang coklat.

So kiss me! 

Sumber: mindbodygreen.com, upwave.com