Destinasi wisata Lebaran

1143
0
wisata

Budaya merayakan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia identik dengan berkunjung ke kampung halaman, sembari bersilaturahmi bersama sanak keluarga dan sahabat. Namun, kesempatan mengunjungi kampung halaman juga bisa dimanfaatkan sebagai waktu berlibur dengan mampir di destinasi wisata sekitaran jalur mudik atau kampung halaman Anda.

Untuk Anda yang gemar mengeksplorasi spot wisata terbaru, berikut referensi spot yang bisa Anda kunjungi di sela-sela waktu berlebaran Anda.

1. Geopark Ciletuh

Berada di kawasan Sukabumi, Jawa Barat, destinasi ini kini perlahan mulai diminati banyak traveller yang menyukai kegiatan petualangan di alam. Pasalnya Geopark Ciletuh memiliki sekitar 9 titik air terjun yang masih asli, dibalut dengan keindahan lanskap berupa hutan dan sawah hijau.

Menurut ahli geologi, Geopark Ciletuh adalah salah satu kawasan batu tertua di Pulau Jawa yang dulunya merupakan laut. Oleh karena itu kini Taman Bumi Ciletuh diperuntukkan sebagai kawasan pengembangan yang berbasis pada konservasi, edukasi, serta pemberdayaan masyarakat, yang tengah diajukan menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark pada 2017 mendatang.

2. Pacitan

Jika Anda adalah penyuka jelajah alam dan kebetulan hendak pulang kampung ke daerah Jawa Timur, tak ada salahnya untuk mampir dulu ke Pacitan. Kota kampung halaman dari Mantan Presiden SBY ini terkenal akan wisata guanya yang eksotis.

Salah satu spot yang dapat dikunjungi adalah Goa Gong. Selain itu Pantai Klayar di Pacitan juga merupakan titik terbaik untuk menikmati lanskap alami dengan karang raksasa setinggi 10 meter dan hamparan pasir putih yang cantik.

3. Pulau Sikuai, Padang

Salah satu pulau di Sumatera Barat ini menjanjikan surga bahari berupa pasir putih dan kilau laut biru yang menghipnotis. Meskipun kini pulau ini tak terurus akibat sengketa, namun Anda tetap bisa menikmati kecantikan Pulau Sikuai. Selain Pulau Sikuai, ada beberapa pulau lain yang tak kalah memesonanya, seperti Pulau Cubadak, Pulau Bungus, dan Pulau Pasumpahan.

4. Rammang-Rammang, Gugusan Pegunungan Kapur Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan

Rammang-Rammang merupakan objek wisata dalam gugusan karst Maros-Pangkep merupakan pegunungan karst yang telah berumur ribuan tahun dan telah diakui sebagai kawasan karst terbesar di dunia setelah Guangzhou di China.

Selain panorama alam yang unik, eksotika karst Maros-Pangkep juga terletak pada kekayaannya terhadap sejarah manusia purba, dengan gua-gua bekas tempat tinggal manusia prasejarah.

5. Pulo Cinta, Gorontalo

Pulau dan resort yang terletak di kawasan Sulawesi Utara ini memang tengah naik daun berkat kecantikan pulau pasir dan resort yang menghadap laut lepas. Selain bersantai menikmati deburan ombak dan matahari tropis, aktivitas yang dapat dilakukan seperti island hopping dan mengunjungi Kabupaten Boalemo dan bercengkrama dengan masyarakat adat Bajo.

(Foto: Courtesy of www.ciletuh.com; Courtesy of instagram @discoverpacitan; Courtesy of instagram @tateviajante; Courtesy of instagram @exploremakassar; Courtesy of www.pulocinta.com)

Source: Harper’s Bazaar Indonesia

Jangan ketinggalan info terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment, streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Katy Perry demo masak bersama Gordon Ramsay
Joe Taslim jadi ahli pedang di film terbarunya
Sukses bikin baper, Afgan jadi jawara baru di chart 10Kita