Diet Bumbu Dapur

2811
hrfm diet bumbu 1

Banyak diet yang berujung pada nggak kuatnya tubuh menerima paksaan yang dilakukan diri sendiri misalnya dengan mengurangi porsi makan atau justru memaksakan diri untuk nggak makan sama sekali. Bahaya banget kan! Tapi coba ‘berdayakan’ bumbu-bumbu yang biasa dimakan yang dimasukan kedalam campuran masakan. Seperti:

1. Ginseng 

Gingseng dapat membantu menurunkan berat badan. Nggak cuma itu, makanan atau minuman yang dicampur gingseng bisa menjadi sumber stamina, selain itu gingseng juga kaya serat, bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta menstabilkan tekanan darah. Nggak cuma itu aja, bagi penderita diabetes, gingseng aman dikonsumsi.

2. Cabai Merah 

Bumbu masakan yang biasanya diolah menjadi sambal ini bisa menjadi salah satu hal yang bisa ‘diandalkan’ untuk mengurangi berat badan. Di dalam cabai terdapat Capsaicin yang baik tubuh. Selain memberikan rasa hangat, pedasnya cabai membantu membakar kalori lebih banyak. Tapi jangan dimakan secara berlebihan, karena bisa membuat perut mulas.

3. Merica Hitam

Sama seperti cabai, merica punya rasa yang ‘hot’ setelah masuk ke tenggorokan. Merica selain sebagai peningkat metabolisme tubuh, juga membantu mengatur berat badan secara alami. Selain itu juga, merica bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap aneka nutrisi dengan maksimal.

4. Kunyit

Siapa sih yang nggak tahu dengan khasiat kunyit. Rempah yang sering digunakan nenek moyang untuk melangsingkan tubuh ternyata masih sering digunakan sampai sekarang. Selain sebagai pewarna makanan alami, kunyit juga kaya antioksidan dan nutrisi lainnya. Saat berada di dalam tubuh, kunyit yang mengandung curcumin ini membantu mengurangi jumlah lemak di dalam sel tubuh dengan memaksa lemak berlebih untuk keluar dan mengontribusikannya lewat saluran pembuangan. Jadi jangan heran kalau mendadak sering buang air kecil setelah mengkonsumsi kunyit.

5. Kayu manis 

Cinamon yang wanginya khas ini merupakan bahan dapur yang dapat membantu mengusir jamur atau virus di dalam tubuh, serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik yang dapat menyerap nutrisi secara maksimal. Kayu manis juga bisa membantu mengendalikan nafsu makan sehingga merupakan terapi yang efektif untuk yang ingin menurunkan berat badan.

6. Jahe

Sama seperti cabai dan merica yang ‘hot’, jahe pun memiliki fungsi serupa. Kelebihannya, jahe bisa memberikan rasa rileks pada seluruh tubuh dan juga membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh. Rutin mengonsumsi jahe dalam bentuk apapun dapat mengendalikan nafsu makan, sehingga jahe sangat dianjurkan sebagai campuran dalam minuman dan dikonsumsi sebelum makan.

Tanpa sadar, banyak banget kan fungsi dari rempah-rempah yang sering ditemui di dapur ini? Tinggal bagaimana mengolahnya sehingga bisa membantu mengurangi lemak-lemak yang ada di tubuh tanpa harus bersakit-sakit dahulu. Iya nggak? 

Sumber: merdeka.com, kompas.com