Ini bahaya langsung tidur setelah santap sahur

1266
0

Akui saja bahwa banyak dari Anda yang langsung tidur setelah santap sahur. Iya kami paham kok jam sahur adalah jam yang super ngantuk. Tetapi setelah membaca tulisan ini, Anda harusnya mengerti dan mengikuti saran dari kami. Tidur setelah makan itu memiliki beberapa dampak negatif bagi tubuh baik itu untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Tubuh membutuhkan waktu minimal 2 jam setelah makan untuk menggilingnya menjadi sari-sari yang akan diserap tubuh. Kurang dari itu, maka tubuh akan mengalami gangguan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Keadaan ini akan menghasilkan makanan yang dimakan nggak mampu menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut merupakan lima efek negatif yang akan Anda rasakan apabila langsung tidur setelah santap sahur.

1. Penimbunan lemak
Kebiasaan tidur setelah santap sahur dapat meningkatkan resiko kegemukan sebesar dua kali lipat. Apalagi jika Anda mengkonsumsi makanan berlemak ataupun yang serba digoreng. Tahukah Anda saat tidur tubuh hanya membutuhkan sedikit energi, sehingga makanan tidak akan dianggap sebagai kebutuhan melainkan akan lebih banyak ditimbun menjadi lemak. Bukannya malah sehat, malah akan menyebabkan obesitas ataupun kegemukan.

2. Peningkatan asam lambung
Makanan adalah salah satu faktor yang sangat terlibat dalam proses pencernaan. Ketika makanan tidak tergiling sempurna, asam lambung pun akan meningkat dan memungkinkan untuk mengiritasi dinding lambung. Alhasil bagian perut kiri atas akan terasa sakit dan nyeri.

3. Gangguan saluran pencernaan
Biasanya, pengosongan lambung manusia membutuhkan waktu sekitar dua jam setelah makan. Saat Anda berbaring, proses pengosongan lambung akan terhambat. Jika dibiarkan terus-menerus, diare dan sembelit akan sering terjadi pada Anda.

4. Stroke
Semua orang takut terhadap penyakit yang satu ini. Stroke biasanya terbagi dua yaitu penyumbatan dan pendarahan. Jenis stroke yang mungkin diderita orang yang mempunyai kebiasaan tidur setelah makan adalah stroke penyumbatan.

Source: Maxim Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Buku ini mengungkap sisi lain personel The Beatles
Animator Hayao Miyazaki siap garap film terakhirnya
Drake kalahkan rekor Adele di Billboard Music Awards 2017