Inilah cara mudah & efisien untuk turunkan berat badan

814
0

Bagi mereka yang tengah menjalani program penurunan berat badan, internet adalah sumber informasi yang paling mudah diakses. Sayangnya, karena begitu banyak informasi yang tersedia, kerap kali terselip mitos-mitos yang membuat khalayak salah kaprah mengenai bagaimana seharusnya menjalani program penurunan berat badan yang terbaik.

Faktanya, program diet tidaklah sesulit dan serumit yang dibayangkan. Tidak percaya? Berikut kami berikan lima bukti jitunya.

1. Konsumsi lebih banyak protein

Mengutip hasil penelitian yang dipublikasikan oleh The American Journal of Clinical Nutrition, memperbanyak konsumsi protein terbukti mampu tingkatkan rasa kenyang. Tidak seperti karbohidrat yang mendorong naiknya gula darah, protein mampu membuat Anda terhindar dari rasa lapar berlebihan (craving) karena meninggalkan jejak kenyang yang lebih tahan lama.

2. Perbanyak gerak tubuh

Umumnya setiap sesi berlatih kebugaran mampu membakar 500 kalori. Jika Anda melakukannya sebanyak empat kali dalam seminggu, dan Anda merasa hal itu cukup tanpa lebih aktif bergerak, maka hal tersebut akan sia-sia. Tiga jam berdiri menambah 750 kalori perminggu. Hindari menggunakan transportasi dan bangun lebih pagi untuk jalan pagi dan dapatkan kembali 570 kalori. Memilih tangga daripada lift pun menambah 300 kalori lagi. Setidaknya itu rumus sederhana untuk bantu percepat program penurunan berat badan yang tengah Anda jalani.

3. Tidur yang cukup

Kurang tidur berisiko picu peningkatan hormon stres di dalam tubuh, yang seringkali berdampak pada munculnya rasa lapar berlebih. Agar lebih mudah terlelap, matikan segala layar 30 menit sebelum tidur. Selain itu, disaranka pula untuk menggunakan tirau kedap sinar untuk menghindari lampu malam. Lalu jangan lupa untuk membersihkan diri sebelum tidur, serta yang paling penting mengosongkan pikiran. Tulis semua hal yang Anda khawatirkan, otak Anda akan tahu bahwa itu tidak perlu dan berhenfi menghawatirkan itu semua, lalu Anda akan berhasil tertidur.

4. Konsumsi kacang-kacangan

Makanlah lemak untuk membakar lemak. Terdengar absurd? Tidak juga. Lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai bagian dari sumber energi, namun bukan sembarang lemak, melainkan lemak baik yang salah satunya banyak terkandung dalam kacang-kacangan. Lihatlah bukti berikut. Ada alasan mengapa Anda tidak akan pernah menemukan tupai gendut. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di dalam New England Journal of Medicine, mereka yang mengonsumsi kacang berlemak seperti almond atau cashew sebanyak tujuh kali atau lebih dalam seminggu, cenderung lebih panjang umur daripada yang tidak mengkonsumsinya. Bahkan menurut penelitian yang dimuat di jurnal Obesity, 43 persen responden yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan berpotensi terhindar dari kelebihan berat badan.

TEKS: YRIS SHABRINA
EDITOR: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
There’s nothing holding Shawn Mendes back!
Sandal Jelly ini berharga jutaan Rupiah lho!
Kejutan baru dari film X-Men spinoff, The New Mutants