SENIMAN BALI JADI JUARA LOMBA PATUNG ES DI CHINA

1400
0

Bali memang terkenal sebagai gudangnya seniman. Nggak hanya seniman tari, tabuh, musik, bahkan seniman ukir dan patung juga banyak di Bali! Beberapa di antaranya kemarin mengikuti rangkaian acara Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival 2020 tanggal 10 sampai 13 Januari lalu di Harbin, China. Di kompetisi ini, Indonesia mengirimkan 2 tim yang masing-masing berhasil memenangkan Best Skill dan Excellent Category.

Tim pertama adalah Himpunan Seniman Pecatu dan Desa Ungasan Bali, yang terdiri dari I Nyoman Sungada (team leader), I Putu Andre Putra Yoga, Eka Budi Ariadee, dan I Made Sumerta Yasa. Mereka membuat patung salju bertemakan pengantin Bali, yang disebut juri sebagai “seni artistik kaya ornamen”. I Nyoman Sungada juga menyebut kalau karya patung salju ini sebagai sarana untuk memperkenalkan budaya Indonesia di dunia.

Sementara itu, di sisi lain Tim Indonesia 2, Bali Talent Artist yang terdiri dari team leader I Ketut Suaryana, I Made Mardiawan, I Komang Karim, dan I Kadek Arya Undiyana. Keempatnya adalah perwakilan komunitas anak sekolah jurusan perhotelan untuk peminatan kitchen artist. Tim 2 sendiri membuat karya yang berbeda untuk memenangi kategori excellent, yaitu patung salju dengan tema Frog Surfing. Filosofinya sendiri adalah kodok yang bisa hidup 2 alam, dengan banyak keadaan dan perbedaan di Indonesia, sedangkan surfing sendiri adalah olahraga yang sangat terkenal di Bali.

Lebih hebatnya lagi, kedua tim berhasil menyelesaikan patung salju dengan ukuran lebih dari empat meter dalam waktu 3,5 hari. Sekaligus mengalahkan 28 tim lain dari 10 negara! Pengen ngelihat langsung patungnya? Silakan berangkat ke Harbin, karena patung salju ini masih akan dipamerkan sampai 25 Februari 2020 nanti!

Dana Suwardana [Hard Rock FM Bali]

Photo Source
– KompasCom
– Instagram Info.Ungasan