Jadilah Pemimpin yang Efektif dan Dihormati

1727
0
Pemimpin-Efektif-Dihormati

 

Buktinya banyak lho pemimpin yang sukses, baik dalam performa pekerjaan hingga hubungan dengan karyawan. Nah ini dia beberapa cara tepat yang bisa Hard Rockers lakukan agar menjadi pemimpin yang efektif dan tetap dihormati bawahan.

1. Kenali diri sendiri dan terbuka dengan perkembangan

Menurut John C. Maxwell dalam bukunya yang berjudul “The 21 Indispensable Qualities of a Leader: Becoming the Person Others Will Want to Follow”, seorang pemimpin wajib mengetahui dan kenal dirinya sendiri. Apa saja kelebihan dan kekurangannya untuk mengembangkan karir dalam tim dan perusahaan. Bukan hanya itu, pemimpin juga harus terbuka dengan metode dan sistem yang tim ajukan. Ide-ide baru di tim wajib untuk didengarkan dan menjadi bahan pertimbangan lho.

2. Tujuan dan berkomitmen

Ajaklah tim untuk memahami bersama untuk tujuan yang akan dicapai. Dengan mengutarakan tujuan, pemimpin jelas mengayomi tim untuk membentuk komitmen yang sama demi mencapai tujuan. Kemukakan ide tujuan dan tetap berpikir terbuka atas proses yang bisa mendapat banyak masukkan dari anggota tim.

3. Jalin komunikasi dengan baik

Pastikan komunikasi antara atasan dan bawahan berlangsung dua arah. Walaupun ini hanya prinsip sederhana, tapi banyak dari pemimpin yang melupakan proses ini. Ciptakan suasana persahabatan dalam tim untuk meningkatkan rasa nyaman dalam bekerja. Jadikan tim adalah sahabat lo. Berilah motivasi tidak hanya melalui tulisan. Sesekali datang dan terjunlah langsung ke dalam tim untuk menanyakan kesulitan yang dihadapi. Di beberapa orang, cara seperti ini sukses memberikan motivasi untuk lebih giat dan rasa respect kepada pemimpin. 

4. Kenali masing-masing anggota tim

Terakhir dan tidak kalah penting. Selain pekerjaan, pemimpin juga wajib mengenal karakter masing-masing anggota tim. Hal ini berguna untuk cara menghadapi anggota dalam bekerja untuk sama-sama menciptakan lingkungan bekerja yang efektif dan tetap menyenangkan. Salah satu tanggung jawab pemimpin yang sering dilupakan adalah menciptakan lingkungan pekerjaan yang enerjik, komitmen, dan bermanfaat bagi masing-masing individu.