Jelajah seni jalanan Penang-Malaysia

2929
0
Mural dengan tema
Mural dengan tema "Kids On Bicycle"

Hard Rockers, setiap tempat dibelahan dunia ini pasti memiliki kelebihan yang membuatnya pantas untuk dikagumi dan dikunjungi. Salah satunya, Pulau Penang yang menjadi bagian dari negara Malaysia.

Pulau yang memiliki populasi lebih dari 15 juta ini, terletak di pantai utara-barat Malaysia. Daerah inilah yang menjadi persinggahan bangsa Inggris pertama di Asia Tenggara, yang didirikan Kapten Francis Light, pada tahun 1786.

Media The Guardians [2014] pernah mencatat, jika Penang adalah salah satu Top 10 destinasi yang harus dikunjungi di dunia. Hmmm… Apa sih kelebihan Penang, sehingga membuat daerah ini pantas untuk kunjungi?

Banyak Hard Rockers! Pulau yang memiliki asal nama Pohon Pinang ini banyak dikagumi karena kuliner, budaya, keindahan alam, hingga jalanan-jalanan yang penuh nilai seni.

Bicara soal jalanan penuh nilai seni, ini menjadi daya tarik sendiri. Tepatnya, Penang dikenal dengan mural-mural unik yang menghiasi jalanan. Bahkan, seni jalanan ini sudah menjadi berita utama di mata internasional, lho!

Iron Caricature
Iron Caricature

Kawasan George Town menjadi galeri terbuka bagi para seniman lokal dan internasional. Dan, pada tahun 2013 silam The Guardian pernah memilih mural bertema “Little Children on Bicycle” sebagai salah satu mural terbaik di dunia.

Selain mural, Penang juga menawarkan seni jalanan lainnya. Yaitu, Karikatur Besi Tempa (Wrought-iron caricatures) atau Patung Kawat (wire sculpture). Seni macam apa itu?

Karikatur besi tempa dipastikan bakal memanjakan mata lo ketika berkunjung ke Penang, khususnya ke ibukotanya, George Town. Pasalnya, seni jalanan ini semacam gambar karikatur yang dipahat dari besi tempa, yang kemudian dipasang di dinding-dinding. Sehingga terlihat seperti gambar tiga dimensi. Wisatawan pun banyak mengira kalau seni ini semacam patung kawat.

Biasanya, Karikatur Besi Tempa menggambarkan karikatur karakter yang lucu dan aneh. Bisa bercerita, atau hanya berisi kata-kata slogan. Kebayangkan, bagaimana menariknya sudut-sudut kota George Town dengan kehadiran seni karikatur ini.

Masih menyusuri jalanan di Penang, terdapat jalan yang menyatukan ragam agama menjadi kesatuan yang harmonis, lho. Namanya Street of Harmony atau Jalan Masjid Kapitan Keling.

Masjid Kapitan Keling
Masjid Kapitan Keling

Mengapa disebut Street Harmony? Karena ketika berkunjung ke jalan ini, Hard Rockers akan menemukan rumah-rumah ibadah untuk empat agama yang berbeda, yang hidup saling berdampingan harmonis.

Sepanjang jalan ini, ada gereja St. George, kuil Sri Mahamariamman, The Goddess of Mercy Temple dan Mesjid Kapitan Keling. Wah... Ini namanya toleransi beragama yang sangat tinggi, nih.

Penjelajahan wisata Penang nggak sekadar menarik dengan jalanan bernilai seni budaya saja. Namun juga soal keindahan alam.

Sebuah kawasan bernama Penang Hill, menjadi kawasan yang menjadi titik pandang yang sangat baik. Dipenuhi dengan tanaman hijau subur, dengan gaya arsitektur kolonial.

Dan, masih disekitar Penang Hill terdapat Penang National Park, yang merupakan hutan lindung terkecil di dunia. Dan satu-satunya taman nasional di Semanjung Malaysia dengan habitat pantai, di mana kura-kura datang ke sarang.

Penang National Park
Penang National Park

Selain itu, kurang lebih ada 150 spesies burung yang telah membuat rumahnya sendiri di Penang National Park. Nah, cocok nih buat lo yang pencinta alam dan hewan.

Ini masih sebagian kelebihan dari Penang, lho! Masih banyak nilai lebih dari pulau Penang yang bakal bikin lo jatuh hati dan ngebet berkunjung ke sini. So, have a nice adventure, guys!

Oiya, buat Hard Rockers yang ingin mendapatkan uang tunai Rp 350 ribu, yuk ikutan kuis kami di Facebook.com Hard Rock FM mengenai Penang. Jawabannya ada di artikel ini lho! Cara ikut kuis, klik aja tautan ini.