Komunitas Salihara

3243
hrfm salihara

Komunitas ini memiliki segudang kegiatan di bidang seni seperti teater, galeri dan lainnya. Komunitas Salihara bertujuan untuk menampung kreativitas seni dan menjadi wadah bagi para seniman untuk berkumpul dan mengekspresikan seni. Dibentuk pada tanggal 8 Agustus 2008 dan merupakan wadah multidisiplin seni pertama di Indonesia. Terbentuknya wadah pecinta seni ini diawali dari Komunitas Utan Kayu yang diprakarsai sebagian redaksi majalah Tempo tahun 1995 yang kemudian berkembang untuk memperluas aktivitas dengan membangun kompleks komunitas Salihara.

Komunitas Salihara telah banyak mengadakan sejumlah acara diantaranya seperti pameran foto, diskusi, dan kuliah umum. Selain itu, ada pula pemutaran film, pementasan musik, hingga  pagelaran tari. Komunitas Salihara pun kerap kali mendapatkan sejumlah penghargaan seperti  “The Best Art Space” (2010) oleh majalah Time Out Jakarta dan sebagai satu dari “10 Tempat Terunik di Jakarta” (2010) versi Metro TV, arsitektur Komunitas Salihara juga dinobatkan sebagai “Karya arsitektur yang menerapkan aspek ramah lingkungan” oleh Green Design Award 2009.

Di samping program seni dan pemikiran yang berlangsung tiap bulan, komunitas ini juga memiliki beberapa program khusus, seperti:

Festival Salihara, festival dua tahunan ini menampilkan puncak-puncak seni pertunjukan, yaitu karya-karya pentas yang dalam keseluruhan dan kombinasinya satu sama lain yang dipilih oleh Dewan Kurator Komunitas Salihara. Termasuk kreasi seniman Indonesia yang dianggap layak-sejajar dengan karya kelas dunia, serta sejumlah pentas premiere karya seniman internasional.

Bienal Sastra Salihara, festival sastra internasional dua tahunan ini mempertunjukkan perkembangan sastra kontemporer Indonesia dan dunia, selain juga kekayaan karya-karya klasik dan tradisional.

Forum Seniman Perempuan Salihara, program ini, bermaksud memberi tempat bagi para seniman perempuan yang untuk memperluas apresiasi publik mengenai daya kreasi perempuan dan karya-karya para seniman perempuan.

Forum Teater Salihara, Diskusi Bulanan Salihara dan Salihara Jazz Buzz, yang merupakan rangkaian konser musik jazz yang menghadirkan komposisi terbaru yang penuh inovasi, dan segar, yang tidak ditemui di panggung jazz lainnya.

Untuk bergabung dengan komunitas yang berlokasi di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini caranya mudah, setiap orang berhak untuk bergabung secara langsung dengan cara datang datang langsung ke Jl. Salihara No. 16 Kebagusan Pasar Minggu Jakarta Selatan DKI Jakarta. Menurut Melan Fitria, bagian media Komunitas Salihara, Komunitas ini memiliki struktur kepengurusan, tapi tidak memiliki struktur organisasi seperti komunitas lainnya jadi untuk bergabung nggak harus melalui tahap rekrutmen.

Para pengelola komunitas ini percaya bahwa seni adalah investasi yang tak ternilai bagi pertumbuhan anak-anak bangsa sejak hari ini. Maka dari itu, komunitas ini dibentuk dan dibangun sedemikian rupa agar tetap bisa melestarikan karya-karya seni yang ada apapun bentuknya. 

salihara 2

salihara 1

Sumber: salihara.org, suma.ui.ac.id