ruangrupa

2268
ruangrupa-logo

Ini merupakan sebuah organisasi seni rupa kontemporer yang didirikan pada tahun 2000 oleh sekelompok seniman di Jakarta. Organisasi ini seru banget, mereka banyak bereksperimentasi di berbagai hal untuk mendorong kemajuan seni dalam kontek urban dan lebih luas lagi dengan berbagai macam kegiatan yang mereka miliki.

Sudah banyak yang ruangrupa yang biasa disingkat dengan sebutan ruru ini seperti pameran, lokakarya, penelitian, festival, laboratorium seni rupa serta sejumlah penerbitan buku, majalah maupun jurnal.

ruangrupa memiliki Art Lab, sebuah proyek seni digunakan untuk melakukan penelitian dan melakukan kolaborasi kreatif menanggapi permasalahan urban dan media. Art Lab ini bisa dibilang menjadi ruang kolaborsi bagi perupa individual atau kelompok lintas disiplin dari dalam dan luar Indonesia.

Selain itu, keberadaan ruangrupa juga penting, karena mereka mendukung sekali perkembangan seni rupa kontemporer, hal ini dibuktikan dengan adanya Divisi Dukungan dan Promosi yang memberikan wadah untuk para seniman, penulis dan kurator dalam memamerkan karya-karya.

Hal tersebut ruangrupa wujudkan dalam beberapa kegiatan seperti:

1. Lokakarya yang diadakan setahun sekali, lokakarya ruru ini memiliki website yang bisa dikunjungi di www.jarakpandang.net.

2. Jakarta 32°c, ini merupakan kegiatan pameran karya visual yang telah diadakan dari tahun 2004 yang ditujukan untuk mahasiswa se-Jakarta dan melibatkan mereka dalam  seluruh proses kuratorial, eksperimentasi seniman muda, penulisan karya, dan pengorganisasian pameran.

3. OK. Video Festival, ini merupakan wujud apresiasi ruru dalam karya seni video berstandar Internasional yang diadakan dua tahun sekali sejak tahun 2003.

Nggak hanya itu, ruru juga memiliki Divisi Penelitian dan Pengembangan yang bertujuan untuk melakukan penelitian, diskusi dan penerbitan buku terkait isu-isu mengenai seni, kota dan budaya visual.

Tertarik mengetahui lebih lanjut? Hard Rockers bisa mengunjungi website mereka di www.ruangrupa.org atau follow Twitter di @ruangrupa.

Sumber: ruangrupa.org