Road Safety Association

1596
hrfm road-safety-association-jakarta-indonesia

Road Safety Association merupakan wadah komunikasi yang intensif antara para pengurus organisasi sepeda motor yang pada akhirnya menjadi sebuah forum yang bernama Road Safety Association atau RSA yang sebelumnya adalah Forum Safety Riding Jakarta atau FSRJ.

RSA didirikan pada September 2005 dan dibentuk khusus untuk membicarakan segala persoalan tentang keselamatan para pengguna jalan. Forum ini ditujukan untuk para pengendara roda dua ataupun roda empat yang peduli dan antusias dengan masalah keselamatan saat berada di jalan. RSA memfokuskan diri pada isu-isu penting mengenai keselamatan jalan dengan menekankan pada ketaatan untuk mematuhi peraturan lalu lintas, cara berkendara yang tepat, benar dan sesuai dengan standar minimum keterampilan berkendara yang ada.

Forum yang memiliki visi “Menciptakan Budaya Tertib ber-Lalu lintas yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jalan.” ini tercatat sudah memiliki 80 komunitas yang tergabung di dalamnya. Hampir seluruh komunitas yang tergabung di dalam RSA telah memiliki ratusan anggota termasuk anggota yang bergabung melalui forum internet. Jika diperkirakan, relawan RSA saat ini sudah berjumlah kurang lebih 80.000 orang.

RSA juga memiliki misi penting, yaitu melakukan advokasi dan penyadaran kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya pengguna jalan agar mengetahui, memahami dan melaksanakan aturan lalu lintas; Memberikan pemahaman terhadap keterampilan berkendara yang aman serta nyaman kepada seluruh pengguna jalan; Menghimbau dan mengajak seluruh elemen pengguna jalan agar menerapkan perilaku dan etika berkendara yang baik dan benar; Menjadi partner bagi pihak berwenang, instansi terkait, dan pihak lain dalam merealisasikan keselamatan jalan dengan kritis, independen dan solutif; dan sebagai penyedia informasi bagi masyarakat (seputar data kecelakaan, jumlah pelanggaran berlalu lintas, sarana & prasarana jalan, visualisasi perilaku berlalu lintas, peraturan berlalu lintas).

Selain itu, forum ini juga rutin mengadakan kegiatan sosial yang meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu berhati-hati saat di jalan, salah satunya dengan melakukan aksi pembentangan spanduk “Aksi Selamatkan Pejalan Kaki”, #SavePedestrians pada tanggal 6 Mei 2013 di Bundaran Senayan, Perempatan Matraman dan Tugu Tani, Jakarta dan lain-lain.

Untuk informasi lebih lengkap seputar RSA, Hard Rockers bisa menghubungi contact dibawah ini:

Road Safety Association

Jl. Intendans H-36 KPAD Jatiwaringin

Jakarta Timur

Indonesia

Facebook : RSA.Indonesia

Twitter : @RSAIndonesia

Website : www.rsa.or.id 

Sumber: rsa.or.id