Mau jadi freelancer yang sukses? Ikuti 4 tips ini!

1443
0
Freelancer

Ketika bekerja sebagai seorang freelance, you make your own rules. Ini dia empat tips supaya pekerjaan freelancing Anda semakin sukses.

1. Gunakan kontrak untuk setiap proyek

Dengan adanya kontrak, perjanjian yang telah disetujui oleh kedua pihak akan dianggap lebih resmi, dan Anda juga akan lebih terlindungi. Bila Anda ingin membuat kontrak, sebaiknya cantumkan 5 hal berikut:

  • Informasi klien harus dirahasiakan.
  • Pekerjaan Anda orisinil dan bukan merupakan plagiarisme.
  • Syarat dan jumlah bayaran yang akan didapat.
  • Setelah klien menerima hasil, mereka memegang tanggung jawab penuh.
  • Konsekuensi bila Anda atau klien membatalkan perjanjian kontrak.

2. Mintalah down payment

Untuk menghindari pembayaran yang terlambat atau ditunda-tunda, sebaiknya Anda praktikkan peraturan down payment atau uang muka sebanyak 50% sebelum Anda memulai mengerjakan proyek. Setelah proyek selesai, kirimkan hasil final Anda setelah klien membayar sisa 50% tersebut.

3. Pamerkan pekerjaan Anda

Unggah portofolio di situs dan profil-profil media sosial Anda. Cantumkan trademark, dan jangan lupa memberitahu klien bila Anda ingin mengunggah hasil proyek milik mereka di internet.

4. Jujurlah dengan klien

Bila ada klien yang tertarik untuk bekerjasama, tunjukkan ketertarikan Anda terhadap bisnis mereka, kemudian jelaskan proses yang akan dilalui bersama. Bila Anda tidak nyaman mengerjakan permintaan klien karena tidak cukup waktu atau skill, jangan malu untuk menolak. Daripada hasil pekerjaan Anda setengah-setengah, kan?

(Kezia Calesta / SW / Image: doc. Shutterstock / Roma Black / Clickphotos)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
6 vila bertema unik di Four on Drupadi
Rizky Febian deg-degan rilis single “Cukup Tau”
Inilah 6 produk terbaru yang dirilis Apple di 2017