Memahami kartu kredit untuk membantu transaksi

1784
0
Shutterstock.com

Saat ini keberadaan kartu kredit diakui sangat membantu transaksi manusia. Iya kan Hard Rockers? Pasalnya, kita nggak perlu lagi membawa uang cash. Kartu kredit memberikan banyak kemudahan, namun juga memberikan tanggung jawab yang nggak bisa diabaikan.

Yuk, pahami lagi beberapa hal penting sebelum lo memutuskan memakai kartu kredit. Check this out!

1. Perjanjian kartu kredit
Kelebihan menggunakan kartu kredit, adalah semua ketentuan yang berlaku didalamnya disampaikan kepada pengguna kartu, tanpa ada yang dirahasiakan.

Jika lo mempunyai kartu kredit dari bank tertentu, pihak bank bakal memberikan semua informasi secara detail sampai lo benar-benar paham.

Tapi, kalau lo masih mencari informasi tentang pengajuan aplikasi, maka pihak bank dengan senang hati bakal memberikan semua penjelasan yang belum dipahami, khususnya cara pengajuan aplikasi kartu kredit.

Setelah paham, dan memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, pelajari dan pahami syarat dan ketentuan yang tercantum dalam perjanjian dengan bank penerbit kartu.

Baca Peraturan Bank Indonesia No.14/2/PBI/2012 untuk lebih detail.

2. Hak Hak Pengguna Kartu Kredit
Lo harus mengetahui perlindungan yang didapatkan dari bank penerbit. Adapun hal-hal yang harus lo ketahui :

  • Prosedur menaikkan dan menurunkan batas kredit.
  • Konsekuensi yang akan diterima jika kartu kredit hilang dan digunakan tanpa izin pemilik kartu.
  • Perlindungan yang akan diterima jika barang yang dibeli dengan kartu kredit ternyata rusak.
  • Layanan gawat darurat yang diterima ketika pergi ke luar negeri.
  • Perlindungan asuransi yang diperoleh ketika bepergian.

3. Tanggung Jawab Pengguna Kartu Kredit
Lo juga harus paham setiap istilah, serta ketentuan yang dikeluarkan bank yang menjadi tanggung jawab pengguna, seperti :

  • Berbagai biaya, yaitu sejumlah uang yang harus lo bayarkan untuk pengajuan aplikasi, perpanjangan masa penggunaan, keterlambatan pembayaran, penggunaan melampaui batas dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, cek laporan transaksi serta pelajari syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Masa tenggang, yaitu masa lo memperoleh pinjaman dari bank tanpa ada bunga. Waktunya tergantung dari bank penerbit, tetapi dengan syarat lo nggak punya tagihan bulan sebelumnya. Namun, ada beberapa bank yang nggak memberlakukan masa tenggang.
  • Penarikan uang tunai, yaitu ketika lo ngambil uang tunai dengan kartu kredit, lo bakal dikenakan bunga. Untuk lebih jelas besar bunga yang berlaku, sebaiknya tanyakan pada bank penerbit sebelum bertransaksi.
  • Perhitungan bunga, yaitu besar bunga yang harus lo bayar ketika melakukan transaksi. Lo dapat mengangsur atau melunasi ketika tagihan bulanan sudah diterima.Suku bunga bank dan waktu pemberian bunga bervariasi, ada yang memberikan bunga saat transaksi dan ada juga yang berikan bunga ketika penagihan.Semakin cepat lo melunasi maka bunga juga semakin kecil. Jika lo tidak membayar tagihan secara penuh, maka sisa tagihan yang belum dibayar bunganya akan ditambahkan pada tagihan berikutnya.
  • Bagaimana bunga bekerja, yaitu suku bunga yang ditetapkan dalam setahun, namun ditagihkan tiap bulan dan dihitung tiap hari.Tagihan bunga bulan diperoleh dari suku bunga setahun dibagi 12 bulan dalam setahun. Misalnya, suku bunga setahun 18%, maka bunga tagihan per bulan lo adalah 18% dibagi 12.So, suku bunga bulanan yang ditagihkan rata-rata harian bulan tersebut 1,5%

Contoh: Lo melakukan transaksi senilai Rp 100.000, dengan waktu pembayaran 2 kali. Pembayaran pertama Rp 50.000, lo bayar setelah muncul tagihan pertama.

Pembayaran kedua, lo bayar akhir bulan. Lo bakal dapat 2 lembar penagihan untuk mengetahui beban biaya yang ditagihkan, bunga tahunan 18%, dan bunga bulanan 1,5%.

Tagihan 1:
Awal tagihan = Rp 100.000
Tagihan yang dikenakan biaya = 0
Biaya keuangan = 0
Pembayaran yang dilakukan 25 hari dalam siklus itu = Rp 50.000
Tagihan akhir = Rp 50.000

Tagihan 2:
Sisa tagihan: Rp 50.000
Tagihan yang dikenakan biaya : (Rp 100.000 X 25 hari : 30 hari) + (Rp 50.000 X 5 hari : 30 hari)
= Rp 83.333 + Rp 8.333 = Rp 91.666 = Rp 92.000 (pembulatan)
Biaya keuangan = 1,5% X Rp 92.000 = Rp 1.380
Tagihan akhir = Rp 51.380

Berapa kemampuan lo, yaitu memahami berapa kemampuan lo dalam membayar hutang. Jangan melebihi 20% dari pendapatan bersih lo setahun, dan jangan melebihi 10% dari pendapatan lo sebulan.

Untuk informasi lengkap tentang kartu kredit terbaik silahkan membuka website cermati.com [ADV]