Mengetahui Fungsi Stalkware yang Banyak Digunakan Si Posesif

354
Mengetahui Fungsi Stalkware yang Banyak Digunakan Si Posesif

Hard Rockers, puluhan ribu orang ternyata masih menggunakan stalkware sebagai perangkat lunak yang bisa kepoin rahasia ponsel korban.

Biasanya aplikasi stalkware sering digunakan si posesif dalam hubungan tak sehat. Mengutip dari Kaspersky, stalkware merupakan perangkat lunak yang dapat diinstal secara terpisah pada perangkat ponsel cerdas.

Mengetahui Fungsi Stalkware yang Banyak Digunakan Si Posesif

Aplikasi tersebut memungkinkan pelaku untuk mengawasi setiap langkah kehidupan pribadi seseorang tanpa sepengetahuan mereka.

“Pada 2022 29.312 individu unik di seluruh dunia terpengaruh oleh stalkerware, ini merupakan penurunan dibandingkan dengan 32.694 pengguna yang terpengaruh pada tahun 2021,” dikutip dari laporan terbaru Kaspersky State of Stalkerware 2022.

Baca Juga: Liverpool Akan Lakukan “Mission Impossible” di Santiago Bernabeu

Menurut Kaspersky Security Network 2022, lima negara jadi yang teratas dalam hal jumlah korban stalkware. Yakni, Rusia (8.281 orang), Brasil (4.969), India (1.807), Iran (1.754), dan Amerika Serikat (1,295)

Indonesia berada di peringkat 19 dengan 269 pengguna terdampak oleh stalkerware di 2022. Walau demikian, RI menduduki peringkat kedua di area Asia Pasifik.

Mengetahui Fungsi Stalkware yang Banyak Digunakan Si Posesif

Sebenarnya, angka-angka tersebut mengkhawatirkani, namun berguna sebagai panduan dalam memberikan insentif bagi penelitian, industri, dan praktik untuk mempercepat pengembangan strategi mitigasi hukum dan teknis,” kata Leonie Maria Tanczer, Associate Professor sekaligus kepala Gender and Tech Research Group di University College London (UCL).

Secara keseluruhan, Kaspersky mendeteksi kasus stalkerware di 176 negara di seluruh dunia, yang “membuktikan bahwa penguntitan digital terus menjadi fenomena global yang memengaruhi semua negara.”

Berikut ini beberapa fungsi paling umum yang mungkin ada dalam aplikasi stalkerware:

a. Menyembunyikan ikon aplikasi.

b. Membaca SMS, MMS, dan log panggilan.

c. Mendapatkan daftar kontak.

d. Melacak lokasi GPS.

e. Melacak agenda kalender.

f. Membaca pesan dari layanan pesan populer dan medsos, seperti Facebook, WhatsApp, Signal, Telegram, Viber, Instagram, Skype, Hangouts, Line, Kik, WeChat, Tinder, IMO, Gmail, Tango, SnapChat, Hike, TikTok, Kwai, Badoo, BBM, TextMe, Tumblr, Weico, Reddit dll.

g. Melihat foto dan gambar dari galeri gambar ponsel

f. Mengambil tangkapan layar.

g. Mengambil foto kamera depan (mode selfie).

LEAVE A REPLY