Pilih mana, mindfull eating atau mindless eating?

1655
0

Kita pasti pernah makan sambil melakukan kegiatan lain, seperti makan sambil nonton televisi, mengunyah sarapan ketika menuju kantor/kampus, dan kegiatan lain yang bisa menghemat waktu sambil mengisi perut.

Kegiatan-kegiatan ini dapat menyebabkan Anda tidak fokus dalam menyantap makanan, atau yang disebut mindless eating (makan tanpa kesadaran).

Mindless eating dapat menyebabkan Anda tetap merasa lapar dan ingin makan lagi meskipun sebelumnya Anda sudah makan. Mungkin hal inilah yang membuat Anda selalu gagal menjalankan diet. Anda lupa cara menikmati makanan.

Kebalikan dari mindless eating adalah mindful eating. Mindful eating bukanlah jenis diet melainkan  metode makan yang ideal untuk tubuh, yaitu fokus dan sadar pada makanan yang Anda makan, menikmati makanan dan menyadari apa rasa, aroma, tekstur, dan warna dari makanan.

Menurut dokter spesialis gizi klinik dari RS Pusat Pertamina, dr. Titi Sekarindah, MS, Sp. GK, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur ulang jam makan Anda. Jangan makan setiap waktu.

Mulailah mindful eating dengan mengikuti jarak makan normal manusia, yakni setiap empat jam sekali sambil memperhatikan porsi makanan,” ungkapnya.

Jika dalam 4 – 5 jam kemudian Anda belum merasa lapar, artinya Anda makan terlalu banyak 4 – 5 jam sebelumnya. Jangan panik karena dengan begitu, Anda tahu makan kebanyakan itu seperti apa dan makan cukup itu seperti apa.

Dalam melakukan mindful eating, Anda harus yakin dan menyerahkan kebutuhan makan pada tubuh, bukan pada selera, nafsu dan emosi, serta tahu kapan harus berhenti makan.

Mulailah makan saat Anda belum begitu lapar dan berhentilah ketika Anda mulai merasa kenyang,” tegas Dokter Titi.

Source: Fitness For Men

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
2 bar di Bali masuk daftar bar terbaik Asia
Cantiknya! Nike keluarkan sneakers Cinderella
Ed Sheeran tidak tahan di “bully” penggemar Lady Gaga