Record Store Day 2017 cetak rekor penjualan tertinggi

938
0

Acara Record Store Day yang dirayakan setiap tahun ternyata membawa berkah tersendiri bagi industri musik. Betapa tidak, perayaan Record Store Day memicu meningkatnya angka penjualan album fisik. Bahkan, dalam perayaan 10 tahun di dunia kali ini, Record Store Day 2017 disebut yang paling tertinggi untuk angka penjualan fisik.

Dikutip dari NME, Record Store Day 2017 yang diadakan bulan lalu itu mencapai angka penjualan hingga 547 ribu album hanya dalam seminggu. Disebutkan, dari data Nielsen yang dirilis lewat Billboard, angka penjualan 547 ribu album ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah penjualan album fisik dalam waktu sepekan.

Didukung dengan data dari The Vinyl Factory, penjualan album dari toko musik independen dalam ajang Record Store Day 2017 naik sampai 197 persen dibanding pekan sebelumnya. Sementara penjualan piringan hitam sendiri naik hingga 484 persen. Tercatat ada 409 ribu album dalam bentuk piringan hitam yang terjual dalam pekan terakhir Record Store Day.

NME bahkan menyebutkan, itu adalah penjualan di luar Natal terbesar yang pernah dicatat Neilsen sejak 1991. Dibanding tahun lalu, ada peningkatan pertumbuhan 1,4 persen, yang membuktikan bahwa album fisik belum akan mati di tengah era digital.

Source: Maxim Indonesia

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Rumah cermin di Coachella Valley
10 aktris dengan bayaran tertinggi di Dunia
Inspirasi musik Grunge pada gaya berpakaian pria modern