Sejarah Macau yang tersimpan dalam museum

1245
0
Macao Museum of Art
Macao Museum of Art

Ketika Hard Rockers liburan ke Macau, banyak hal yang bisa dilakukan. Seperti diketahui, Macau dikenal dengan warisan sejarah dan budayanya.

Nggak heran kalau hampir disetiap sudut wilayahnya terdapat bangunan-bangunan bersejarah dengan infrastruktur yang unik dan masih megang banget unsur kunonya.

Nah, salah satu warisan sejarah dan budaya yang bisa jadi destinasi wisata ketika ke Macau adalah mengunjungi koleksi Museum-nya. Dengan mengunjungi museum-museum di Macau ini, Hard Rockers bisa tahu bagaimana perjalanan pemerintahan Macau dari jaman dinasti sampai sekarang, juga fakta-fakta menarik lainnya.

Mau tahu museum apa saja itu? Ini dia…

1. Handover Gifts Museum of Macao

Bangunan yang memiliki tiga lantai ini merupakan museum yang menyajikan tentang budaya lokal dan sejarah Macau. Bisa dibilang, Handover Gifts Museum of Macao adalah bangunan yang penuh nilai budaya dan sejarah, karena dibangun di lokasi Upacara Serah Terima Macau Pemerintah Sino-Portugis. Dan, lokasi ini pun menjadi lokasi untuk pameran hadiah serah terima.

Selain merasakan nilai sejarah Macau yang terkandung di museum ini, lo juga bisa melihat hasil seni dan kerajinan yang dibuat dari berbagai suku di propinsi China ke Macau, sebagai tanda kembalinya kedaulatan China pada tahun 1999.

Handover Gifts Museum of Macao
Handover Gifts Museum of Macao

2. Macao Museum of Art

Macao Museum of Art merupakan bangunan berlantai lima, yang memiliki luas 4.000 meter persegi. Museum ini sepenuhnya didedikasikan untuk seni di Macau. Selain ruang pameran, museum ini memiliki fasilitas lainnya, seperti auditorium, perpustakaan multimedia, dan masih banyak lainnya.

Terpenting dari fasilitas yang membuat museum ini terasa beda adalah seringnya mengundang ahli seni dari dalam dan luar negeri, untuk membahas dan menjelajahi secara luas dan dalam tentang seni.

3. Lin Zexu Memorial Museum of Macau

Museum ini dibangun pada tahun 1997, untuk memperingati kunjungan komisaris kekaisaran Lin Zexu ke Macau selama pemerintahan Daoguang.

Lin Zexu sendiri adalah seorang sarjana China, sekaligus penyair selama dinasti Qing berakhir. Ia dikenang karena perilaku terpujinya, dan memimpin tanpa kompromi dalam perjuangan melawan perdagangan opium oleh bangsa Inggris di Guangdong.

Di museum ini lo bakal lihat foto-foto yang menjadi bukti bagaimana Lin berhasil menyita dan menghancurkan lebih dari 20.000 peti opium di Humen. Salut!

4. Historic Archives

Historic Archivers menyimpan berkas-berkas, surat, buku dan naskah-naskah yang berkaitan dengan eksplorasi Portugal, serta hubungan Macau dengan Eropa, China, Jepang dan negara Asia Tenggara lainnya.

Berkas-berkas paling berharga sudah dimasukkan dalam mikrofilm, ada sekitar 7.500 buah, yang dikumpulkan sejak tahun 1587-1786. Jika mampir ke sini, lo bakal dibuat takjub deh. Pasalnya, rumah arsip ini memiliki desain bergaya kolonial.

5. Fire Services Museum

Fire Service Museum
Fire Service Museum

Perlu diketahui, sejak abad 19, di Macau sudah ada pemadam kebakaran, lho! Pusat pemadam kebakaran di Macau ini sempat mengalami rekontruksi yang signifikan pada tahun 1883.

So, pemadam kebakaran di Macau sudah melakukan pelayanan selama seratus tahun. Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang layanan pemadam kebakaran, maka dibukalah Fire Service Museum pada 11 Desember 1999.

Di museum ini, lo bisa melihat peralatan-peralatan yang digunakan pemadam kebakaran pada jaman dahulu. Selain itu di sini dipajang perisai, bendera, ijazah, medali, dan lencana.

6. Museum of Taipa and Coloane History

Sebelum menjadi sebuah museum, Museum of Taipa and Coloane History adalah sebagai Dewan Kota dari Kepulauan, sampai akhirnya dibangun menjadi museum pada akhir abad ke-19.

Museum ini dibangun menjadi dua lantai. Di lantai dasar, lo akan melihat koleksi temuan dan peninggalan dari penggalian arkeologi. Intinya, museum ini berfungsi melestarikan dan mempromosikan sejarah dan budaya Taipa.

Wah… Menarik ya Hard Rockers! Deretan informasi tentang museum-museum di Macau ini, bisa lo jadikan panduan ketika berkunjung ke Macau.

Atau kalau lo pengin banget ke Macau, kebetulan nih, ada program #MacauJournal dengan biaya paket perjalanan mulai Rp 6,5 juta*! Informasi lengkap silakan klik tautan ini.