Supaya tidur kamu berkualitas, baca tips ini Hard Rockers!

607
0

Tidur yang baik adalah sekitar 7 hingga 8 jam setiap malamnya. Namun, pada kenyataannya kita tidak memiliki banyak waktu untuk dapat tidur selama 7 hingga 8 jam tiap malamnya. Mulai dari produktifitas hingga food cravings, tidur dapat berdampak pada hampir seluruh aspek yang ada dalam kehidupan kita. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjadikan tidur sebagai prioritas kita.

Jangan menggunakan handphone sebelum tidur

Coba untuk mematikan handphone kamu, setidaknya 1 jam sebelum kamu tidur.

Menurut penelitian, cahaya biru dan putih yang terdapat pada layar handphone dapat menunda otak kita untuk melepaskan melatonin yang ada di tubuh kita, yaitu hormon yang dapat membuat kita tertidur.

 

Jangan berolahraga pada malam hari

Berdasarkan pada National Sleep Foundation, jika kamu ingin melakukan olahraga yang intens setiap harinya, akan lebih baik jika dilakukannya pada pagi atau siang hari.

Kamu akan tetap terbangun dan akan sulit untuk tidur jika kamu melakukan olahraga yang intens pada larut malam. Olahraga yang intens akan membuat suhu pada tubuh kamu meningkat dan hal lain seperti meningkatkan denyut jantung yang dapat mencegah kamu untuk dapat menutup mata dengan baik.

Hindari tidur siang

Tidur siang dapat membuat kamu pening pada saat kamu terbangun dari tidur siang. Jika kamu merasa lelah, National Sleep Foundation merekomendasikan untuk setidaknya tidur siang selama 20 menit saja.

 

Makan makanan ringan
Jangan merasa bersalah untuk memanjakan diri kamu dengan memakan makanan ringan pada malam hari. Berdasarkan penelitian, kacang kenari memiliki sumber melantonin, yaitu hormon yang dapat mempengaruhi tubuh kita untuk tertidur.

Kacang almond juga kaya akan magnesium, yaitu mineral yang bukan hanya membuat kamu tertidur namun juga dapat membuat kamu tetap terlelap dalam tidur.

Minum teh Chamomile

Teh Chamomile tidak hanya dapat membuat kamu merasa tenang dari pikiran gelisah, melainkan dapat mempengaruhi kamu untuk tertidur. Itu sebabnya secangkir teh sebelum kamu tidur adalah hal yang sempurna untuk membantu kamu tidur dengan cepat.

Menurut penelitian, antioksidan yang bernama apigenin yang terkandung dalam teh Chamomile adalah antioksidan yang berikatan dengan spesifik reseptor di otak yang dapat membantu tidur.

[teks Anindyta Aprilia | foto hbr.org, gymaholic.co, joyfulhealthyeats.com, livestrong.com, warriorfitnessadventrure.com]