Tips agar tidak kehabisan uang di akhir bulan

1031
0

Uang adalah sumber masalah besar bagi banyak orang. Bahkan banyak yang kehabisan uang sebelum akhir bulan, entah itu karena pendapatan yang kurang atau karena buruknya pengelolaan uang. Lalu bagaimana cara mengelola uang? Tips dari Jobstreet mungkin bisa membantu Anda.

Jobstreet sudah mengklasifisikan 5 tipe keuangan seseorang dari masalah yang sering terjadi, apakah kalian termasuk salah satunya?

“Uang saya kemana?”
Mungkin ini adalah hal umum namun kita kerap menemukan jawabannya. Bagi lulusan baru dan baru bekerja, bisa jadi Anda belum mempunyai kepandaian mengatur uang yang sudah banyak dimiliki oleh orang yang sudah bekerja. Akan tetapi, hal ini tidak berarti Anda harus membiarkan hal ini terus berlangsung.

Masalah: Ada kebocoran, bahkan lubang besar dalam anggaran Anda.

Solusi: Untuk pemula, Anda sebaiknya membuat anggaran bulanan untuk memonitor pengeluaran Anda. Ada banyak aplikasi pengatur bujet, hingga bisa pula menggunakan catatan pengeluaran. Jangan membiasakan menggunakan kartu kredit ketika Anda melakukan transaksi, hal ini akan membuat Anda lebih waspada akan jumlah yang Anda habiskan. Dan pada akhirnya, simpanlah semua nota pembelian Anda atau gunakan smartphone sehingga Anda mempunyai bukti yang nyata akan jumlah uang yang sudah Anda habiskan.

“Sudah Membuat Anggaran, tapi Tidak Pernah Berhasil!”
Penganggaran, jika dilakukan dengan tepat, dapat membantu Anda memotong pengeluaran Anda dan menghemat sejumlah uang.

Masalah: Anda memperlakukan anggaran Anda hanya sebagai sebuah daftar dari apa yang harus Anda lakukan dan apa yang harus dibeli daripada sebuah rencana atau rangkaian langkah yang harus diikuti dengan baik.
Solusi: Perlakukan anggaran Anda sebagai peta perjalanan Anda. Jadi, Anda perlu untuk berpegang pada hal tersebut dan dengan konstan mengembangkannya sehingga Anda akan lebih dan lebih menghemat uang seiring berjalannya waktu. Ingatlah bahwa tiga atau empat bulan pertama dari pembuatan anggaran Anda akan berat. Akan tetapi, seiring dengan Anda berjalan maju, Anda akan melihat bagaimana Anda akan lebih mudah berpegang pada anggaran tersebut. Sekali Anda sudah menguasai seni pembuatan anggaran, Anda akan mampu untuk merencanakan pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran tersebut tanpa usaha dan kesulitan berarti.

“Apakah sudah saatnya gajian?”
Banyak professional muda di luar sana yang menghabiskan uang gaji mereka tanpa biaya makanan, listrik, atau yang lainnya. Hal ini adalah kenyataan dari kehidupan bekerja dan sangat umum terjadi. Hal baiknya adalah, siklus hidup dari gaji satu ke gaji selanjutnya dapat dihentikan dengan beberapa perkiraan sederhana.

Masalah: Anda menghabiskan terlalu banyak, anda menabung terlalu sedikit (atau tidak sama sekali) dan Anda memiliki pandangan sempit akan keuangan Anda.
Solusi: Hati-hati melacak pengeluaran Anda dan membuat anggaran pengeluaran dapat membantu Anda mematahkan siklus mengerikan akan hidup dari gaji satu ke gaji selanjutnya. Di atas hal tersebut, Anda dapat juga menemukan dan menjaga berbagai aliran  penghasilan sehingga Anda tidak akan harus terlalu bergantung pada gaji Anda.

“Mengapa saya belum bisa menabung apapun?”
Mendapatkan penghasilan Anda sendiri dan mampu membeli barang-barang sendiri merupakan kesenangan dari menjadi professional muda. Akan tetapi, menghabiskan uang juga bisa lepas kendali tanpa menabung tentu berisiko. Sebaiknya Anda bergegas mengamankan masa depan finansial Anda sedini yang  Anda bisa.
Masalah: Anda memprioritaskan pengeluaran Anda dan menghabiskan sebagian besar (jika tidak semua) uang Anda untuk hal-hal yang Anda pikir perlu.
Solusi: Lakukan sebaliknya. Rencanakan seberapa banyak Anda perlu menabung dan kemudian menggunakan seberapapun yang tersisa untuk pengeluaran dan kebutuhan harian Anda.

“Kapankan saya akan keluar dari hutang?”
Hutang adalah suatu hal berbahaya ketika tidak dapat dikendalikan. Hal inilah mengapa professional muda sebaiknya menghindari jumlah hutang yang besar karena hutang ini akan jadi beban keuangan utama yang dapat dialami siapa saja. Hal ini bisa menyebabkan tingkat stress dan kekuatiran yang signifikan ketika tidak dengan tepat ditangani.  Akan tetapi, yang terbaik adalah menanganinya sebelum lepas kendali.

Masalah: Sebagian besar orang yang tidak mampu mengatur hutang.
Solusi: Mengatur hutang pastinya memaksa kita mampu memperkirakan langkah kita dan bertanggung jawab untuk menjaganya. Seperti halnya menabung, mengatur hutang seharusnya mudah jika Anda memang punya keinginan melakukannya. Memotong pengeluaran mungkin sulit, akan tetapi hal ini merupakan sebuah pengorbanan yang akan sepadan sekalinya Anda mampu mengatur hutang Anda.

FOTO: FREEIMAGES.COM/NUSRIN 2
Source: Esquire

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Catat! Ini panduan nutrisi saat puasa ramadan
Dubai: modern dan tradisional yang berdampingan
Ariana Grande ubah songs list dalam konser One Love Manchester