Tips membuat sendiri kopi enak di rumah

1903
0

Semakin hari, semakin banyak artisan kopi bermunculan dan membuat rasa penasaran publik terhadap kopi kian meningkat. Khalayak pun kini memiliki banyak pilihan untuk menikmati kopi sekaligus semakin cerdas dalam mendalami karakter dan cita rasa minuman yang pertama kali ditemukan di jazirah Arab itu.

Tidak jarang hal tersebut membuat orang-orang berani bereksperimen meracik sendiri kopi di rumah demi mendapatkan cita rasa kopi yang sesuai dengan keinginannya. Jika Anda temasuk salah satu di antaranya, maka lima tips terbaik dalam meracik kopi rumahan di bawah ini patut untuk dicoba.

1. Pilih biji kopi, bukan bubuk kopi

Kopi bubuk yang banyak dijual di pasaran sejatinya tidak memiliki karakteristik dan cita rasa kopi yang unik. Bahkan, bubuk kopi bisa menyerap aroma disekitarnya, sehingga jika terlalu lama disimpan, maka kualitasnya akan menurun.

Sebaiknya membeli biji kopi langsung di kedai-kedai kopi, lalu mintalah barista untuk menyangrainya agar kualitas, baik aroma dan cita rasanya, konsisten saat digiling dan diseduh di rumah.

Namun, harap diperhatikan untuk tidak menyimpan biji kopi lebih dari dua bulan jika ingin mendapatkan kualitas terbaik ketika menyesapnya.

2. Memiliki grinder kualitas terbaik

Setelah mendapatkan biji kopi terbaik, maka Anda membutuhkan grinder (alat giling) berkualitas. Sangat disarankan untuk menggunakan grinder khusus kopi, namun jika dirasa masih mahal, Anda dapat memanfaatkan grinder yang terdapat pada satu paket dengan blender, meskipun kualitas gilingnya tidak begitu halus.

Khusus untuk grinder yang berada satu paket dengan blender, pastikan bersih dan tidak berbau guna mendapatkan cita rasa tebaik dari kopi yang Anda konsumsi.

3. Beli timbangan digital

Mungkin terdengar seperti buang-buang uang saja, namun percayalah, timbangan digital mampu membuat momen kopi pagi Anda semakin berkualitas. Tentu Anda tahu bahwa barista selalu mengukur dengan tepat takaran kopi dan bahan-bahan lain yang digunakan dalam menyajikan secangkir kopi nikmat, dan oleh karena itu Anda perlu melakukan hal serupa di rumah.

Timbangan digital memiliki presisi tinggi sehingga komposisi terbaik secangkir kopi dapat Anda peroleh dengan mudah.

4. Perhatikan suhu air panas untuk menyeduh kopi

Suhu air paling ideal untuk menyeduh kopi adalah antara 90 hingga 96 derajat celcius. Pada suhu ini, kopi akan terekstrak secara optimal. Suhu yang lebih dingin akan menyebabkan rasa kopi terasa datar. Kopi yang diseduh pada suhu yang terlalu panas juga akan menghilangkan kualitas rasa dari kopi tersebut.

5. Utamakan memilih cangkir kopi berwarna putih

Sebenarnya tidak ada kriteria khusus tentang cangkir seperti apa yang harus digunakan ketika menikmati kopi. Namun, telah cukup banyak penelitian yang menyebut bahwa cangkir berwarna dapat bantu keluarkan rasa pahit terbaik kopi. Percaya tidak percaya, mungkin Anda dapat mencobanya sendiri di rumah.

TEKS: HAPPY FERDIAN

FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

Jangan ketinggalan info terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment, streaming terus Hard Rock FM di sini!

Baca juga:
Ini dia jagoan masa kecil kita, Power Rangers!
Comeback, Gorillaz hadir dalam fantasi yang gelap!
Moto M jadi smartphone Rp 4 jutaan yang cukup berkelas