Warna Baju yang Cocok dan Gak Cocok di Cuaca Panas

150
Warna Baju yang Cocok dan Gak Cocok di Cuaca Panas

Hard Rockers, selain ketebalan bahan baju yang perlo diperhatikan saat cuaca panas, ternyata warna baju juga mempengaruhi suhu tubuh.

Mengutip Lifestyle Asia, tim peneliti asal Jepang mempelajari pengaruh warna baju yang bisa menghalau cuaca panas saat digunakan.

Dalam penelitian yang terbit pada Agustus 2020 di National Institute for Environmental Studies, Jepang dengan tim ilmuwan yang dipimpin oleh Toshiaki Ichinose meneliti tentang pentingnya memilih warna pakaian selama cuaca panas.

Warna Baju yang Cocok dan Gak Cocok di Cuaca Panas

Penelitian tersebut menggunnakan maneken dan polo shirt. Polo shirt dipakaikan ke maneken dan disimpan di tengah cuaca panas yang langsung menghadap ke matahari. Suhu matahari setiap kali penelitian dilakukan pada 30 derajat Celcius.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna putih memiliki suhu yang lebih sejuk dibandingkan warna hitam dan warna lainnya. Suhu permukaan polo shirt putih berada di sekitar 30 derajat Celcius, setara dengan suhu udara saat penelitian.

Sementara itu, suhu permukaan polo shirt hitam lebih dari 50 derajat Celcius. Selisih 20 derajat Celcius dari baju berwarna putih.

Baca Juga: 20 Website Paling Populer di Indonesia, Ada Situs Porno

Warna-warna yang menjaga kesejukan tubuh selain putih adalah kuning, abu-abu, dan merah. Sementara ungu berada di tengah-tengah.

Lo disarankan untuk menghindari warna biru, walaupun sering dianggap menyejukkan, namun studi justru menunjukkan hasil sebaliknya.

Warna biru bersanding dengan warna hijau muda, hijau tua, dan hitam sebagai warna yang tidak dianjurkan untuk dipakai saat cuaca panas.

LEAVE A REPLY