Bare Minimum Monday, Tren Baru Kerja Santai di Hari Senin

44

Sebuah tren baru bernama “Bare Minimum Monday” mulai populer di kalangan pekerja dan pelajar. Tren ini mengajak orang-orang untuk melakukan pekerjaan seminimal mungkin pada hari Senin. Jadi pegawai nggak perlu memulai hari dengan ‘ngecekin email,’ tapi fokus sama hal-hal yang bikin kesejahteraan diri jadi lebih baik.

Pencetus konsep itu adalah seorang TikTokers dan salah satu pendiri firma konsultan produktivitas SpaceTime Monotasking, Marisa Jo Mayes. Dalam wawancaranya dengan Business Insider, 19 September 2023, Mayes mengisahkan ia menjalankan bare minimum Monday sejak Maret 2022. Sebelumnya, ia kerap merasa kelelahan, stres, dan tidak bahagia dengan pekerjaannya. Ia lantas mempopulerkan gaya hidup bekerja itu di TikTok.

Is Bare Minimum Monday becoming a Workplace norm? | HireQuotient
https://www.hirequotient.com/blog/bare-minimum-monday

Kepada Business Insider, Mayes mengatakan, ia tak membuka ponsel atau email selama dua jam pertama di hari Senin. Ia menghabiskan waktu selama dua jam tersebut untuk membaca, menulis jurnal, atau menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Namun perlu diketahui, Bare Minimum Monday ini bukanlah kondisi seseorang bermalas-malasan, melainkan mereka melakukan kegiatan untuk diri mereka di tengah rutinas yang padat.

Contoh perilaku Bare Miminum Monday ini di antaranya tidur lebih cepat supaya bangun lebih pagi, menyisihkan waktu untuk melakukan hal lain yang dapat meningkatkan kualittas mental di sela kesibukan.

Tujuan Bare Minimum Monday:

  • Mengurangi stres dan kecemasan di awal minggu
  • Meningkatkan fokus dan produktivitas di sisa minggu
  • Memberikan waktu untuk istirahat dan relaksasi
Bare minimum Monday: How it works and what experts think
https://www.cnbc.com/2023/04/18/bare-minimum-monday-how-it-works-and-what-experts-think-.html

Baca Juga: Bocoran Fitur dan Peningkatan iPhone 16 Pro Terbaru

Manfaat:

  • Mengurangi stres dan kecemasan: Dengan melakukan pekerjaan seminimal mungkin, Anda dapat mengurangi stres dan kecemasan yang biasanya muncul di awal minggu.
  • Meningkatkan fokus dan produktivitas: Ketika Anda tidak terbebani oleh banyak tugas, Anda dapat lebih fokus pada pekerjaan yang sedang Anda lakukan dan meningkatkan produktivitas.
  • Memberikan waktu untuk istirahat dan relaksasi: Bare Minimum Monday memberikan Anda waktu untuk istirahat dan relaksasi, yang dapat membantu Anda recharge dan kembali bersemangat untuk bekerja di sisa minggu.