Bau Kaki? Nggak deh!

1062
bau kaki

Selain bau badan, ada bau lainnya yang dapat menggangu indra penciuman orang disekitar, lho. Coba tebak. Yap, bau kaki, guys!

Kalau kondisi kaki Hard Rockers selalu tersimpan dalam sepatu sih, mungkin nggak masalah. Tapi gimana saat berkunjung ke rumah orang dan saat membuka sepatu, aroma nggak sedap dari kaki seketika menyerbak ke seluruh ruangan? Pastinya malu banget!

Nah, sebelum hal ini kejadian, ada baiknya mencegah Hard Rockers. Gimana caranya supaya nggak bau kaki? Berikut caranya:

Makan dengan Bijak

Hindari makanan yang memberikan aroma kuat, seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang dan paprika. Pasalnya, zat yang terkandung di dalamnya dapat melewati aliran darah dan akhirnya menghasilkan bau tidak sedap pada keringat.

Cuci Kaki

Terdapat kelenjar keringat pada telapak kaki yang menghasilkan keringat. Dengan keberadaan bakteri actinomycetes yang timbul akibat pemakaian sepatu dengan bahan yang menghambat pertukaran udara, sekresi keringat memecah dan menghasilkan bau busuk.

Menghilangkan bau busuk ini dapat diatasi dengan mencuci kaki dengan sabun dan air hangat dua kali sehari, kemudian keringkan hingga benar-benar kering. Pastikan juga saat mandi, kaki dan sela-sela jari benar-benar disikat dengan sabun guna mengurangi bau kaki.

Sering ganti sepatu

Cara lain untuk mengatasi bau kaki adalah dengan tidak menggunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut. Sebaiknya, gunakan sepatu yang berbeda dalam dua hari berturut-turut. Hal ini akan memberi waktu bagi sepatu untuk kering dan tidak lembab dalam waktu 24 jam. Selain itu pakai sendal yang terbuka dibagian depannya saat cuaca sedang panas. Ketika di rumah, cobalah bertelanjang kaki.

Gunakan kaos Kaki

Kenakan kaos kaki yang memungkinkan kaki bernapas. Pastikan juga untuk selalu ganti kaos kaki, setidaknya sekali di siang hari, dan nggak memakainya dua hari berturut-turut tanpa dicuci terlebih dahulu. Kemudian pilih kaos kaki berbahan katun atau wol, agar sirkulasi udara baik sehingga kaki tidak lembab.