Beer And Coffee

2012
k-bigpic 1

Anggapan bahwa kopi dan bir punya efek negatif bagi tubuh kayaknya harus disingkirkan sejenak. Karena nggak selamanya kedua minuman tersebut punya efek yang buruk bagi kesehatan. Menurut penelitian, bir dan kopi punya efek positif yang berbeda-beda terutama untuk para pekerja.

Minum bir, positif kok!

Efek positif meminum bir untuk para pekerja adalah bermanfaat meningkatan temuan tentang ide-ide kreatif. Di otak terdapat cerebral cortex, yang merupakan bagian di otak kita yang terkait dengan kesadaran, bahasa, interaksi dan pemikiran. Ketika bir yang diminum mencapai cerebral cortex, selain diri akan merasakan kurang fokus, si peminum juga merasakan kebebasan dari semua beban pikiran dan gangguan yang dihadapi.

Ketika kadar alkohol di darah menyentuh 0.07 (dua gelas bir), hal tersebut akan menumbuhkan reaksi pikiran yang lebih kreatif karena tidak merasakan beban pikiran lainnya dan merasa bebas untuk menghasilkan ide apapun yang diinginkan.

Bahkan, beberapa perusahaan di Florida memberikan bir gratis setiap harinya kepada pegawainnya agar mereka bisa menghasilkan ide-ide yang baru setiap harinya.

Terus bagaimana dengan kopi?

Minum kopi sebelum bekerja udah bukan hal yang aneh. Hal ini sering banget dilakukan banyak orang. Otak pada dasarnya selalu menghasilkan molekul yang dinamakan adenosine, inilah yang menyebakan rasa ngantuk apabila reseptor atau saraf di otak kita berkenaan dengan adenosine ini. Tapi saat kafein mencapai otak, saraf di otak juga akan lebih tertarik untuk menyatukan diri dengan si kafein. Proses yang terjadi inilah yang kemudian memberikan perasaan jauh lebih bersemangat dan berenergi daripada mengantuk dalam waktu lima menit setelah minum kopi.

Dan saat terbaik untuk mengaplikasikan minuman tersebut saat sedang bekerja adalah, saat sudah mempunyai ide yang akan dilakukan tetapi nggak bisa fokus karena rasa letih atau ngantuk di kesibukan kerja, artinya Hard Rockers harus meminum kopi. Sedangkan untuk bir, saat terbaiknya adalah saat sedang mencari ide-ide baru dan bersosialisasi dengan kehidupan sosial sekitar.

Tapi perlu diperhatikan juga dampak buruk yang timbul. Terlalu banyak minum bir akan dapat membuat kehilangan fokus dan mengurangi ingatan. Sedangkan terlalu banyak minum kopi akan menyebabkan kecanduan, karena efek kafein di dalamnya. Tubuh akan memiliki tingkat toleransi atau kekebalan tertentu terhadap tingkat kafein dan membutuhkan kafein lebih untuk mendapatkan efek positif yang sama ke depannya.

So, beer or coffee ?