Belajar Menjadi Scriptwriter

2162
penulis-skenario

 

Pada siaran Soundtraxx Kamis (10/1) lalu, Mario Patrick kedatangan Gina Tri S. Noer – seorang penulis skenario film Indonesia. Beberapa film yang digarapnya adalah : Ayat-Ayat Cinta, Lentera Merah, Jelangkung 3, Perempuan Berkalung Sorban, Queenbee, Hari Untuk Amanda, dan terakhir ada Habibie Ainun. Ternyata menjadi penulis skenario bisa kita pelajari dengan mudah nih Hard Rockers. Ini dia tips menjadi penulis skenario dari Gina :

  1. Harus suka nonton dulu sih dari semua genre. Ngga harus hanya drama. Jadi, kalau nulis pun lo ngga fokus di hal itu-itu saja
  2. Sebelum nulis, penting banget untuk mengadakan riset. Lakukan mind-mapping untuk memudahkan info untuk kepentingan riset
  3. Mengutip dari Hayao Miyazaki – seorang sutradara anime Jepang, “ketika kita punya cerita, kita harus punya tema. Tema itu bukannya pesan moral ya. Tapi tema itu apa yang mau kita angkat. Satu atau dua kata itu sudah cukup menggambarkan.”  Misalnya : kejujuran. Jadi dari film dan produksi, inti utamanya adalah jujur.

“Kalau boleh Hard Rockers tau, penulis skenario film atau sinteron di Indonesia itu sedikit lho. Jadi, profesi sebagai penulis skenario itu masih peluang besar banget,” jelas Gina. Tertarik mencoba?