Diet Nikmat Dengan Udang

4897
udang

Tapi tidak hanya gurih, udang juga punya segudang manfaat yang tidak kita sangka – sangka. Tentunya semua itu bergantung dari cara memasaknya dan “teman” pendamping si udang.

Dikutip dari Yahoo, kandungan protein udang dapat dikategorikan sebagai “complete protein” karena kadar asam aminonya yang tinggi dan sekitar 85-95 persen proteinnya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %. Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.

Uniknya kalori udang sangat rendah yakni hanya 106 kalori per 100 gr, begitupun dengan lemak jenuhnya, malah udang kaya akan omega 3, 6, dan vitamin A, B6, B12, C, D, E, membuat udang sering dijadikan salah satu menu makanan mereka yang sedang berdiet. Meski kandungan kolesterolnya cukup tinggi, namun hampir sama seperti tuna dan makanan laut lain, segala manfaat nutrisi udang akan mengalahkan efek-efek negatifnya. Asam lemak esensial yang dikandung udang mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) serta menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi udang antara lain:

  • Menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung)
  • Menambah massa otot
  • Sangat cocok untuk menu diet karena tinggi protein dan rendah kalori
  • Memaksimalkan berbagai fungsi organ-organ vital tubuh karena berbagai kandungan vitaminnya
  • Sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan fungsi kekebalan tubuh, anti radikal bebas penyebab 50 macam penyakit degeneratif
  • Membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan
  • Mencegah penyakit darah rendah (anemia)
  • Menjaga kesehatan mata dengan kandungan vitamin A
  • Menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit kulit Menjaga kesehatan tulang, gigi dan sendi

Lalu bagaimana kalau ternyata alergi udang? Nah buat yang mengidap alergi ada baiknya membatasinya, karena makan sedikit saja sudah cukup untuk bisa mendapatkan manfaatnya, tapi tetap harus konsultasi ke dokter. Makanya bersyukurlah bagi mereka yang tidak alergi terhadap udang. Untuk memaksimalkan manfaat sehat dari udang, masaklah udang dengan cara dibakar, dikukus, atau direbus tapi jangan terlalu lama agar kandungannya tidak hilang.