Get Ready to Ride Your Bicycle

1026
helm sepeda

 

Padatnya kendaraan di Jakarta, menimbulkan kemacetan di mana-mana. Demi menghindari macet, sebagian pekerja beralih mengendarai sepeda demi menghindari kemacetan.

Seiring perkembangan jaman, kini motto ‘bike to work’ pun sudah menjelma menjadi gaya hidup. Bersepeda bukan hanya identik untuk ibu-ibu ke pasar, atau pelajar ke sekolah. Kaum eksekutif pun turut terhanyut pada gowesan si roda dua.

Nah, jika Hard Rockers menjadi salah satu pengguna sepeda sebagai alat transportasi beraktivitas, ada hal yang harus diperhatikan saat bersepeda, selain sepeda itu sendiri. Yaitu, pelindung kepala atau helm.

Karena keselamatan yang paling utama, maka Hard Rockers harus tahu bagaimana helm yang baik. Agar nggak bingung, ikuti petunjuk memilih helm yang baik berikut ini:

Ukuran harus pas
Memilih helm harus sesuai dengan ukuran kepala. Jangan longgar dan jangan pula terlalu sempit. Agar pas, begini cara mengukur: Saat membeli helm sebaiknya dicoba terlebih dahulu dan disesuaikan ukurannya, lantas dikaitkan dengan baik. Pastikan helm terasa nyaman dan pas saat digunakan.

Cobalah dengan menggelengkan kepala ke kiri dan ke kanan. Bila posisinya berubah, berarti helm itu terlalu longgar. Lalu kencangkan ikat helm pada bagian belakang kepala. Jika helm yang sempit akan terasa sakit setelah beberapa menit dipakai.

Kualitas spons
Perhatikan juga spons atau busa pengganjal. Bila nanti helm sering digunakan dan mendapatkan tekanan, maka dalam kurun waktu tertentu spons bisa kempis, dan helm menjadi longgar.

Jangan beli helm bekas
Tadi sudah dijelaskan kalau kemampuan spons bisa berubah, makin lama-makin menipis. Bila sudah tipis, maka kemampuan helm dalam melindungi kepada dari benturan akan semakin berkurang. So, jangan pernah beli helm bekas, walaupun tampilan casing luar masih bersih dan mengkilat. Kita tidak pernah tahu, apakah bagian luar sebelumnya sudah pernah kena benturan atau belum. Pastinya, helm memiliki masa kadaluarsa.

Helm bersertifikat
Bukan cuma helm motor saja yang bersertifikat, tapi juga helm sepeda. Jadi, pastikan helm yang Hard Rockers pakai memiliki sertifikat CE/Snell/CPSC [Consumer Product Safety Commision]. «