Happy World AIDS Day, Hard Rockers!

687
0
AIDS

Hari AIDS sedunia diperingati setiap 1 Desember untuk menumbuhkan kesadaran akan wabah AIDS yang disebarkan melalui virus HIV di seluruh dunia.

Konsep ini pertama kali digagas pada tahun 1988 dalam Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia tentang program-program pencegahan AIDS. Mulai sejak itu, pemerintah, organisasi internasional, yayasan amal Internasional memperingati Hari AIDS sedunia.

Untuk menumbukan kesadaran di kalangan remaja seperti kita, berikut ini terdapat beberapa fakta-fakta yang lo harus tau tentang HIV/AIDS.

Kalau sudah paham, sebarkan informasi yang lo tau ini, supaya semakin banyak orang yang paham dan menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan AIDS. Namun, jangan jauhi ODHA (Orang Dengan HIV AIDS), rangkul dan semangati mereka! Selamat hari AIDS sedunia, Hard Rockers!

1. AIDS adalah gejala atau infeksi yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus).

2. HIV sendiri adalah jenis virus yang melemahkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh manusia.

3. Virus HIV membuat tubuh tidak punya pertahanan alami untuk melawan penyakit lain yang seharusnya tidak berbahaya bagi tubuh, dan perlahan-lahan menggerogoti pengidapnya.

4. HIV/AIDS belum bisa disembuhkan, hanya ada pengobatan untuk memperlambat penyakitnya. Pengobatan ini hanya membuat hidup penderitanya lebih lama, bukan berarti menyembuhkan.

5. Pengobatan HIV/AIDS dengan obat-obatan dikenal dengan nama antiretroviral (ARV) yang berfungsi menghambat virus dalam merusak sistem kekebalan tubuh.

6. HIV/AIDS dapat ditularkan melalui ibu ke bayi pada masa kehamilan seperti melahirkan atau menyusui, seks oral, penggunaan alat bantu seks secara bersamaan atau bergantian, transfusi darah dari orang yang terinfeksi, melalui jarum suntik, dan perlengkapan lainnya yang terkontaminasi.

7. Pencegahan seks dengan cara melakukan hubungan seks secara aman. Semua yang pernah berhubungan seks tanpa kondom lebih beresiko untuk terinfeksi HIV/AIDS.

8. Jumlah pengidap HIV/AIDS di Benua Afrika terus berkembang. Setiap tahunnya, terdapat ribuan kasus tentang pendiagnosaan HIV/AIDS.

9. Perempuan muda di Benua Afrika paling rentan tertular HIV/AIDS.

10. HIV/AIDS adalah faktor pembunuh nomor satu di kalangan remaja dan kaum muda di Afrika dan faktor pembunuh kedua di dunia.

11. Pada akhir 2015, diperkirakan 36.7 juta orang di dunia menderita HIV, diperkirakan 2.1 juta orang baru terinfeksi HIV, dan sebanyak 1.1 Juta orang mati karena HIV. 

12. Menurut UNAIDS, di Indonesia ada sekitar 690 ribu orang pengidap HIV/AIDS sampai tahun 2015.

13. Setengah persen dari pengidap HIV/AIDS di Indonesia berusia 15 sampai 49 tahun.

14. Angka kematian akibat AIDS di Indonesia mencapai 35 ribu orang.

15. Di Indonesia, ada 250 ribu jiwa, wanita penderita AIDS berusia 15 tahun ke atas.

16. HIV/AIDS pertama kali ditemukan tahun 1987 di Indonesia. Pulau Bali adalah provinsi pertama tempat ditemukannya infeksi HIV/AIDS di Indonesia.

17. Aktivitas seksual kaum gay menjadi penyumbang tertinggi ketiga meningkatnya jumlah pengida HIV/AIDS di Jombang, Jawa Timur.

18. Tes HIV/AIDS bukanlah hal yang langka, tapi hanya 51% yang melakukan tes.

19. 15 tahun terakhir, remaja dan kaum muda yang meninggal karena HIV/AIDS meningkat tiga kali lipat.

20. September 2015, negara-negara anggota PBB setuju untuk menjadikan dunia bebas AIDS di tahun 2030.

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Hard Rock FM di sini!

[teks Hardianti Budhi & Andre Fransisco | foto huffingtonpost.co.uk]

Baca juga:
Felicity Jones, pimpinan Rebellion di Rogue One: A Star Wars Story
Coming soon : Now You See Me 3
Will Smith temukan arti kehidupan lewat film Collateral Beauty