Haruki Murakami: Norwegian Wood

1261
0
murakami

Untuk para penggemar buku, pastinya sudah tidak asing lagi mendengar nama seorang penulis asal Jepang bernama Haruki Murakami. Ia merupakan seorang penulis dengan karya-karyanya yang spektakular yang diterbitkan dalam 50 bahasa.

Salah satu novel andalannya adalah Norwegian Wood, yang merupakan salah satu karya yang sukses, dan dibuat dalam versi film. Apa sih cerita dari Norwegian Wood?

Toru Watanabe, seorang siswa menengah yang bersahabat dengan sepasang kekasih, Kizuki dan Naoko. Naoko yang ceria dapat membagi waktu, antara pasangan dan sahabatnya. Kizuki juga salah seorang sahabat yang paling bisa diajak berbagi.

Tapi, di ulang tahun ke-17 Kizuki, ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya tanpa alasan yang jelas. Persahabatan dengan Naoko pun ternyata bukanlah perasaan sebatas teman, melainkan hubungan yang lain. Setelah hubungannya berjalan semakin dekat, Naoko menghilang dengan hanya meninggalkan selembar surat.

Perisitiwa gelap membuat lubang besar di hatinya, Wanabe pun pindah ke Tokyo untuk melanjutkan studi. Kenangan akan sahabatnya tidak bisa ia lupakan sampai membuat dirinya despresi.

Sosok wanita lain bernama Midori tiba-tiba muncul. Walaupun kepribadian Naoko dan Midori berbeda seratus persen. Tanpa disadari, Watanabe terjebak antara dua kepribadian. Naoko yang masih tidak bisa dilupakan, dan Midori yang selalu ia tunggu.

Sepintas, buku ini terlihat seperti buku dengan cerita cinta anak muda biasa. Namun, plot dan karakter yang diciptakan Haruki Murakami sangat jelas, dan dapat dirasakan oleh pembaca. Murakami ingin memberi gambaran bagaimana seseorang yang kesepian, seseorang yang depresi, seseorang yang berharap tinggi namun dihempaskan kembali ke tanah.

Meskipun ia seorang yang berasal dari Jepang, penulisan buku ini banyak menggunakan unsur barat, seperti kutipan-kutipan dalam film The Great Gatsby sampai juga lagu The Beatles, yang menjadi pengaruh untuk judul bukunya.

Bagi Hard Rockers yang gemar membaca buku yang agak “berat” karya Murakami yang satu ini dapat menjadi pilihan untuk dibaca, khususnya saat weekend. [teks @chrissjee | foto goodreads.com]