Intip Ciri-ciri Orang Cerdas

7281
ciriciri orang cerdas

Sebagian orang menganggap, otak cerdas yang dimiliki seseorang karena anugerah yang sudah diberikan Tuhan secara alami. Ada juga yang menganggap kepintaran yang diperoleh hasil asahan sejak kecil, dengan rajin belajar. Kemudian, faktor lain, nutrisi dari makanan-makanan bergizi dianggap sebagai pendongkrak kecerdasan.

Nah, dari pada pusing cari tahu dari asalnya kepintaran yang dimiliki seseorang, lebih baik Hard Rockers mempelajari ciri-ciri orang cerdas. Siapa tahu orang di sekitar, entah itu pacar, adik, kakak, sohib termasuk orang cerdas.

Penasaran? Berikut ini ciri-ciri orang cerdas yang bisa dilihat dari kebiasaan, sikap, atau riwayat hidupnya:

Kidal
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kidal (dominan tangan kiri) terkait dengan kecerdasan. Orang kidal cenderung memiliki skor lebih tinggi pada tes IQ, dan juga dapat menyelesaikan tes IQ lebih cepat dibandingkan orang dengan dominan tangan kanan.

Urutan lahir
Banyak penelitian menemukan hubungan antara IQ dan urutan kelahiran dalam keluarga. Anak sulung umumnya ditemukan lebih cerdas dibandingkan saudaranya. Tidak diketahui jelas apa yang menyebabkan hal ini, apakah kondisi pra-kelahiran ibu atau karena efek sosial pasca melahirkan.

Rambut tubuh
Studi terhadap kaum pria yang dilakukan oleh Dr. Aikarakudy Alias menemukan hubungan antara rambut tubuh dengan kecerdasan. Bukan melihat dari tes IQ, tetapi Dr Aikarakudy melihat hubungan antara rambut tubuh dengan tingkat pendidikan. Hal ini bertentangan dengan kepercayaan populer.

Ia menemukan bahwa cowok dengan tingkat pendidikan tinggi memiliki lebih banyak rambut tubuh dibandingkan dengan pria pekerjaan kasar. Dia juga menemukan bahwa siswa yang unggul di kelas lebih ‘berambut’ dibandingkan siswa yang lain. Tapi belum jelas korelasi antara kedua hal tersebut.

Eksentrisitas
Orang eksentrik biasanya terlihat sebagai orang yang berperilaku aneh dan keluar dari norma-norma sosial. Tak jarang eksentris dihubungkan dengan kegilaan. Namun beberapa bukti (kebanyakan anekdot) menunjukkan bahwa orang dengan intelektual dan kreativitas tinggi rentan terhadap eksentrisitas. Eksentrik juga umum di kalangan akademisi.

Gangguan bipolar
Penyakit mental telah dikaitkan dengan kecerdasan sejak zaman kuno. Bahkan ada yang menganggap ‘gila’ beda tipis dengan jenius. Hubungan penyakit mental dan kecerdasan juga berbuah studi bagi ahli saraf dan psikolog.

sumber:fhm.co.id