Jangan Lakukan Ini Setelah Buka Puasa

1330
hrfm no

Ternyata banyak hal-hal yang membuat kondisi tubuh jadi nggak enak setelah atau saat berpuasa, tapi perlu diingat, itu bukan karena puasanya lho. Tapi karena beberapa hal yang salah seperti:

1. Minum teh

Kalau punya masalah dengan perut, dan lambung sebaiknya hindari minum teh, walaupun memang disarankan untuk minum teh hangat saat buka puasa. Ini karena teh sebenarnya mengandung asam yang dapat mengganggu pencernaan dan menimbulkan rasa sesak di perut sehingga membuat perut terasa sangat penuh.

2. Makan buah

Buah-buahan kaya serat dan nutrisi, tentunya bagus untuk tubuh. Tetapi ada buah-buah yang mengandung gas berlebih atau biasa disebut sorbet yang sebaiknya dihindari agar tidak masuk ke dalam perut dan mengganggu pencernaan. Seperti pir, apel dan peach.

3. Merokok

Sering merokok setelah makan? Perlu diketahui, merokok setelah makan dapat menyebabkan kerusakan jaringan tubuh dan akan menyebabkan kanker dalam jangka panjang. Merokok sehabis berbuka puasa, akan meracuni lambung dengan segala zat berbahaya pada rokok. Jadi……

4. Memperlonggar ikat pinggang

Ternyata melonggarkan ikat pinggang setelah makan dapat menghambat pencernaan makanan di dalam perut. Jika terasa kenyang, lebih baik berhenti makan dan makan secukupnya saja.

5. Mandi

Mandi setelah berbuka puasa bisa membuat aliran darah meningkat ke permukaan kulit. Padahal dalam proses pencernaan darah masih dibutuhkan untuk membantu menyuplai nutrisi yang sedang dicerna di dalam lambung. Sebaiknya sih mandinya sebelum buka puasa aja, ya kan?

6. Tidur

Tidur setelah buka puasa dapat menyebabkan gangguan lambung atau infeksi pada lambung. Dan pastinya dapat membuat berat badan cepat naik. Gak mau kan jadi kegemukan?

Kalau sudah tahu apa saja yang tidak boleh dilakukan setelah buka puasa, mulai besok mari ubah kebiasaan tersebut agar lebih sehat dan fit pastinya. 

Sumber: vemale.com, kompas.com