Kentang Atau Kulitnya?

794
potato

Kayanya rata – rata akan jawab kentangnya. Memang, kentang jadi salah satu sumber karbohidrat favorit setelah nasi di Indonesia, kentang yang mudah diolah jadi makanan enak ini, banyak disajikan sebagai teman bersantai atau hidangan utama. Tapi sayangnya banyak orang yang tidak memakan kulitnya saat makan kentang, padahal kulit kentang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, kalau dibandingkan, kulit kentang memiliki lebih banyak nutrisi daripada daging kentangnya sendiri!

Kulit kentang mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium dan nutrisi lainnya. Kulit kentang juga merupakan sumber serat yang cukup tinggi yaitu sekitar 2 gram per ons. Jadi kalau kita makan satu buah kentang yang dipanggang lengkap dengan kulitnya, maka kita akan mendapatkan hampir 4 gram serat, 2 miligram zat besi dan 926 gram potassium.

Inilah alasan mengapa di beberapa restoran western atau european, kulit kentang sering dijadikan cemilan atau appetizer, bahkan di eropa sendiri kulit kentang sering dihidangkan bersama daging, keju panggang atau saus salsa.

 

Jadi, pilih kentang atau kulitnya?

Sumber: ghiboo.com