Special for DieCast Aficionado

1088
diecast

Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda, tidak memandang usia dan kelas sosial, dari hobi mengoleksi mainan hingga hobi mengoleksi pacar. Hehehe…

Semakin unik hobi yang disukai, maka semakin butuh perhatian ekstra untuk meladeni kebutuhan tersebut. Salah satu hobi yang unik dan menjadi pilihan untuk dikoleksi adalah diecast.

Diecast sendiri biasanya berbentuk replika dengan ukuran rasio tertentu dari benda-benda yang ada di dunia nyata, seperti mobil, motor, truk dan lain-lain.

Uniknya semakin langka maka harga diecast semakin mahal. Dan tentunya Hard Rockers harus pandai merawatnya. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti,

Membersihkan diecast tidak bisa sembarangan. Salah-salah malah bisa bikin hancur koleksi. Gunakan lap yang bersih dan halus, sikat yang lembut, ataupun tisu. Untuk cairannya gunakan air sabun mandi, shampo, atau sabun untuk cuci mobil atau motor. Hindari memakai deterjen atau sabun cuci karena bisa merusak cat.

Hati-hati terhadap air yang menempel pada diecast karena dikhawatirkan bisa memicu terjadinya karat. Air ini bisa berasal dari tangan Anda (sehabis mencuci tangan) atau saat Anda mencuci diecast namun kurang sempurna saat mengeringkannya.

Kalau Hard Rockers rutin memoles diecast dengan wax, perhatikan sisa-sisa wax yang menempel pada celah-celah sempit di diecast. Biasanya sisa-sisa wax tersebut terabaikan dan tidak dibersihkan sehingga akhirnya bisa membuat diecast kesayangan menjadi kotor.

Simpanlah diecast dalam lemari kaca. Selain terlindung dari debu dan sinar matahari, lemari kaca (terutama yang berwarna bening) memudahkan kita untuk melihatnya kapan saja. Tanpa perlu repot-repot lagi untuk membawa keluar masuk diecast.

Selamat mencoba…

Sumber: FHM