Kuku-Kuku Ku

1847
angenuity-nail-art-the-new-frontier-for-self-expression-93907

Memeriksa kesehatan ternyata bisa dilakukan dari hal yang paling sederhana sekalipun. Misalnya, lewat kondisi kuku. Kuku? Iya kuku!

Kuku dapat menunjukkan adanya gangguan pada tubuh, lho. Ada 8 tanda-tanda kesehatan yang bisa diketahui lewat kondisi kuku saat ini, seperti:

Kuku Pucat

Kuku yang berwarna pucat bisa menunjukkan beberapa penyakit serius seperti Anemia, gagal jantung, penyakit hati dan malnutrisi.

Kuku Putih

Kalau kuku menunjukkan warna putih dengan ujung kuku yang lebih gelap, hal itu dapat menunjukkan kelainan pada hati seperti hepatitis.

Kuku Kuning

Penyebab kuku menjadi berwarna kuning biasanya karena infeksi jamur. Saat infeksi menjadi berat, kuku dapat menebal dan lepas. Perubahan warna kuning pada kuku bisa juga menunjukkan beberapa penyakit serius, seperti gangguan tiroid, penyakit paru-paru, diabetes atau penyakit kulit psoriasis.

Kuku Biru

Ada yang mengatakan kalau perubahan warna kuku menjadi kebiruan karena tubuh kekurangan oksigen, padahal hal tersebut belum tentu benar. Perubahan warna ini juga dapat menunjukkan infeksi pada paru-paru seperti pneumonia. Karena, beberapa kelainan yang berhubungan dengan jantung juga dapat menimbulkan kuku biru.

Kuku Berdesir

Bentuk kuku ini dapat merupakan suatu pertanda awal penyakit psoriasis atau arthritis atau biasa disebut radang sendi. Selain itu, tanda-tanda lainnya yang berhubungan adalah terjadinya perubahan warna pada kulit di bawah kuku, yang bisa berubah warna menjadi merah kecoklatan.

Kuku Pecah atau Terbelah

Kuku yang kering, dan mudah pecah atau terbelah banyak dikaitkan dengan penyakit tiroid. Kuku yang pecah dan terbelah disertai warna kekuningan dapat menunjukkan infeksi jamur.

Bengkak Pada Lipatan Kuku

Bila kulit di sekitar kuku berwarna merah dan bengkak, hal itu bisa dikatakan sedang terjadi peradangan di daerah lipatan kuku tersebut. Selain itu, bengkak pada lipatan kuku juga dapat menunjukkan penyakit lupus ataupun kelainan jaringan ikat.

Garis Hitam Pada Kuku

Munculnya garis hitam dari bawah kuku harus segera dilakukan pemeriksaan karena dapat menunjukkan melanoma, atau suatu jenis kanker kulit yang berbahaya.

Nah, mulai sekarang, rajin-rajin periksa kondisi kuku ya, Hard Rockers! 

sumber: klikdokter