Masih Takut Rezekinya Dipatok Ayam?

908
Start-early-or-late

Menurut penelitian tim peneliti University of Madrid, mereka telah mengungkap bahwa orang yang gemar begadang hingga tengah malam dan bangun siang, memiliki kualitas lebih unggul dibanding mereka yang tidur lebih awal (lho?).

Mereka juga berpendapat bahwa kebiasaan ini bisa mempengaruhi kecerdasaan, nalar, pemikiran konseptual dan analitis seseorang. Penelitian ini dilakukan cukup serius dan nggak sembarangan, karena melibatkan seribu orang yang bersedia menunjukkan adanya kecenderungan perilaku dengan munculnya rasa ingin tahu lebih besar setelah malam hari. (Hayo ngaku, siapa yang suka kepoin mantan di malam hari).

Jim Horne, Profesor Psikofisiologi dari Loughborough University, juga mengatakan bahwa, orang yang bangun siang biasanya cenderung lebih kreatif, terbuka, memiliki jiwa seni dan penemu. Sedangkan mereka yang bangun pagi lebih banyak berpikir deduktif, seperti yang sering dilakukan pegawai dan akuntan pada umumnya.

Nah, dari hasil penelitian itu ditemukan dua perbedaan mendasar. Orang yang begadang dan bangun siang biasanya memiliki jiwa sosial yang lebih tinggi dan berorientasi pada manusia. Sedangkan orang yang bangun pagi cenderung berpikir lebih logis.

Jadi, pilih begadang dan bangun siang atau tidur cukup dan bangun pagi?

Sumber: kompas.com