Memblokir Si Mama Yang Suka Minta Pulsa

857
hrfm sms

Modus penipuan melalui sms kayaknya memang nggak ada habisnya. Dari mulai mengaku-ngaku dari sebuah perusahaan dengan menjanjikan hadiah ratusan juta rupiah, mobil mewah hingga rumah, ibu kost galak yang menagih uang kost-an yang harus dikirim ke ‘rekening saya’ sampai yang paling sederhana, meminta pulsa. Maraknya hal-hal seperti ini mungkin saja didasari akan kemudahan-kemudahan yang sekarang sudah banyak diberikan oleh provider telepon seluler seperti tarif sms gratis yang memudahkan ‘si-mama’, ‘ibu-kost’ dan ‘perusahaan-ternama’ mengirimkan pesan singkat ke nomor telepon pengguna.

Sebetulnya, jika bisa menyikapi dengan benar, hal-hal seperti itu sudah bisa dilihat kejanggalannya. Tapi yang menyebalkan adalah, pesan singkat tersebut dikirimkan berkali-kali sampai akhirnya mengganggu, pastinya.

Ada cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari gangguan sms penipuan seperti disebutkan di atas. XL, Telkomsel dan Indosat selaku 3 provider besar yang ada di Indonesia memberikan layanan memblokir nomer-nomer penipuan secara gratis. Caranya?

TELKOMSEL

Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166

Contoh : Penipuan#081212­3456#selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr telkomsel poin…dst , kirim ke 1166

XL

Format SMS : Lapor#Nomor yg di gunakan utk menipu#kasus yg dikeluhkan lalu kirim ke 588

INDOSAT

Format SMS : SMS(spasi)Nomor­ pengirim SMS penipuan (spasi)­ isi SMS penipuan, kirim ke 726

Jika sudah lebih dari 2 orang yang melaporkan sms penipuan tersebut, maka nomor tersebut segera diblokir secara permanen oleh operator.

 

Semoga dengan ini mama bisa beli pulsa sendiri dan ibu kost nggak marah-marah lagi di sms.

Sumber: tempo.com