Membuat CV Dengan 140 Karakter

1111
hrfm twesume

Di era digital seperti sekarang ini semua hal pasti ada ‘sangkut pautnya’ dengan yang namanya internet dan social media, begitu pula dengan melamar pekerjaan. Curriculum Vitae atau resume jadi tonlak ukur penilaian seseorang. Sekarang ini bukan hanya berupa cv dengan format standar. Tapi sudah beragam jadi banyak jenisnya seperti cv kreatif yang biasa diajukan untuk melamar di sebuah perusahaan bidang media, cv dengan format power point, berupa gambar, grafik dan masih banyak lagi.

Tapi ada terobosan baru dari jenis cv yang telah disebutkan di atas, Twesume namanya. Twesume merupakan singkatan dari Twitter + Resume = Twesume, ini merupakan versi singkat dari cv kebanyakan.

Bagaimana tidak dibilang singkat, karena data yang biasanya ada di lembaran surat lamaran harus diperkecil hingga 140 karakter. Walaupun sulit dan tidak rinci, maraknya perekrutan karyawan melalui sosial media saat ini membuat Twesume menjadi salah satu alternatif dan langkah lain yang perlu dicoba untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Hal ini dibuktikan dari sebuah survei yang dilakukan oleh Jobvite yang mengatakan 92 persen perusahaan menggunakan media sosial untuk melakukan rekrutmen.

Nah berikut ini adalah tips yang bisa dicoba untuk membuat sebuah Twesume dari Josh Tolan, CEO Spark Hire:

1. Jangan Lupa Memasukan Hastag

Kenapa hastag diperlukan? Karena dengan itu bisa menarik perhatian yang membaca selain isi dari twee itu sendiri. Terlebih lagi dengan adanya hastag mempermudah untuk menyeleksi kata-kata yang dimaksudkan dalam sebuah tweet.

2. Be Creative!

Setiap orang memiliki kualifikasi tertentu yang membuat sebuah perusahaan merekrutnya. Apabila ‘kreatif’termasuk, maka salah satu caranya dengan membuat cv yang juga kreatif. Berhubung yang sedang dimbahas dalam hal ini adalah Twesume, buatlah isi tweet sekreatif mungkin yang bisa menambah nilai plus dari proses pencarian kerja ini.

3. Tampilan Visual Yang Keren

Karena Twitter sangat terbatas, point nomor 2 di atas sangat diperlukan, Hard Rockers bisa menambahkan video ke dalam Twesume agar HRD dan calon bos bisa menilai secara lebih detai dengan menyisipkan link video tersebut kedalam Twesume yang dibuat. 

4. Tampilan Kinerja

Jika point-point diatas telah dilalui, hak selanjutnya adalah membuat cv secara detai kemudian dimasukan ke dalam sebuah blog pribadi atau social media khusus yang menyambungkan koneksi para pekerja dan perusahaan seperti halnya LinkedIn. Setelah proses tersebut sudah dilakukan, sisipkan tautan ke dalam www.twesume.com yang dibuat. Langkah ini lebih mudah sekaligus praktis, kan. 

Bagaimana Hard Rockers? Ada niat untuk membuat Twesume ini? Yuk nggak ada salahnya dicoba. 

Sumber: mashable.com, twesume.com