Mengenal Autoimun SLE, Penyakit Berjulukan Seribu Wajah Isyana Sarasvati

200
Mengenal Autoimun SLE, Penyakit Berjulukan Seribu Wajah Isyana Sarasvati

Hard Rockers, musisi Isyana Sarasvati baru saja mengumumkan kalau dirinya menderita penyakit Autoimun SLE lewat akun media sosialnya.

“Mungkin banyak yang bertanya-tanya aku kenapa, kayak bolak balik RS mulu beberapa waktu ke belakang. Intinya akhir tahun lalu aku terdiagnosis autoimun, salah satunya SLE. Nah sekarang lagi flare,” tulis Isyana dalam akun instagramnya.

Mengenal Autoimun SLE, Penyakit Berjulukan Seribu Wajah Isyana Sarasvati

Melansir dari CDC, SLE merupakan singkatan untuk systemic lupus erythematosus. Ini adalah jenis lupus yang paling umum dari jenis penyakit autoimun.

Seperti ditulis Kemenkes, penyakit Lupus atauSystemic Lupus Erythematosusmerupakan salah satu penyakit autoimun reumatik, yang bersifat sistemik.

Penyakit tersebut dikenal sebagai penyakit seribu wajah, karena antara satu pasien dengan pasien lainnya memiliki manifestasi klinis yang berbeda-beda, dan sering menyerupai penyakit lain.

Penyakit autoimun adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri sehingga menyebabkan peradangan luas serya kerusakan jaringan pada organ yang terkena misalnya persendian, kulit, otak, paru-paru, ginjal, sampai pembuluh darah.

Hingga saat ini, penyebab SLE belum ketahui, meski demikian ada beberapa faktor pencetusnya seperti obat-obatan dan faktor lingkungan seperti Pengaruh lingkungan, zat/agen infeksius, obat-obat pencetus lupus, sinar ultraviolet, trauma fisik, stress emosional atau faktor-faktor lainnya, dan Predisposisi genetik serta faktor hormonal.

Baca Juga: Melihat 3 Sisi Eksotis Pantai Nunggalan Bali

Gejala SLE pada umumnya adalah adalah kelelahan, ruam kulit, demam, nyeri, ataubengkak pada persendian. Melihat kasus automimun Isyana Sarasvati, dirinya mengalami periode flare atau saat gejalanya muncul kembali.

Gejala lain dapat mencakup kepekaan terhadap sinar matahari, sariawan, radang sendi, masalah paru-paru, masalah jantung, masalah ginjal, kejang, psikosis, dan kelainan sel darah dan imunologi.

Belum ada obat khusus untuk menyembuhkan lupus. Namun lupus bisa dikelola dengan intervensi medis dan perubahan gaya hidup untuk mengendalikannya.

LEAVE A REPLY