Mmuuaacchh…Ciuman [bisa] Berujung Penyakit!

2039
ciuman

 

Dalam suatu hubungan percintaan, berciuman dianggap sebagai tanda kasih sayang. Bahkan, diklaim juga kalau berciuman mampu memberikan rasa tenang, karena hormon oksotosin [cinta] otomatis terproduksi.

Tapi, apakah Hard Rockers tahu, tanpa disadari ciuman ternyata bisa menimbulkan penyakit juga. Berikut beberapa penyakit yang dimaksud:

Sariawan
Sariawan adalah penyakit yang kerap menyerang seseorang. Hal ini disebabkan oleh infeksi di dalam rongga mulut. Lesi putih yang muncul di dalam mulut menjadi tandanya. Saat seseorang melakukan ciuman mulut dengan pasangannya, kuman penyebab sariawan dapat berpindah lewat air liur.

Radang Tenggorokan
Penyebab radang bisa berpindah lewat air ludah saat ciuman. Radang tenggorokan membuat penderitanya mengalami sakit saat menelan dan area tenggorokan pun tampak membengkak. Biasanya penyakit ini sembuh sendiri saat sistem kekebalan tubuh menguat.

Hepatitis
Penyakit yang satu ini nggak bisa disepelekan. Karena langsung menyerang fungsi liver. Sedangkan liver sangat penting dalam pengeluaran dan penetralan racun tubuh. Virus hepatitis dapat berpindah tempat saat orang yang berciuman memiliki luka, sekalipun sangat kecil. Virus masuk ke pembuluh darah lalu menginfeksi liver. Wah… hati-hati ya Hard Rockers.

Infeksi Saluran Pernapasan
Penyakit yang terakhir ini cukup mengganggu pernapasan. Penyebabnya adalah bakteri maupun virus yang dengan mudah dapat berpindah tempat melalui ciuman bibir. Berciuman dengan orang yang mengalami sakit pilek atau batuk, misalnya, cukup berisiko mengalami penularan secara cepat. Nah, kalau dalam kondisi kurang fit sebaiknya jangan berciuman bibir, cukup cium tangan saja.