Rajin Membaca, Pangkal?

2770
reading book

Bila sebuah kalimat bijak mengatakan, “Buku adalah jendela dunia tanpa batas”, itu artinya membaca menjadi kuncinya.

So, bila Hard Rockers ingin meraih kesuksesan, caranya adalah dengan memperkuat nafsu membaca. Tentunya, akan lebih baik dengan bacaan-bacaan yang positif dan banyak mengandung ilmu pengetahuan.

Selain sebagai kunci menuju keberhasilan, ternyata membaca buku itu punya banyak manfaat lainnya. Apa saja efek positif yang dihasilkan dari kegiatan membaca? Ini dia:   

Rileks
Penelitian yang dilakukan University of Sussex, pada tahun 2009 menunjukkan, bahwa membaca menjadi cara paling efektif untuk mengatasi stres. Bahkan, lebih baik daripada mendengarkan musik, menikmati secangkir teh atau bahkan mungkin berjalan-jalan.

Mempertajaman otak
Penelitian lain mengungkapkan, orang yang meninggal pada usia rata-rata 89 tahun, adalah orang yang aktif membaca semasa hidupnya. Pasalnya orang yang rajin membaca, disinyalir akan mengalami penurunan daya ingat lebih lambat, dibandingkan mereka yang tidak membaca. Orang yang sering membaca memiliki tingkat 32 persen lebih rendah dari risiko penurunan mental dibandingkan dengan yang jarang membaca. So, secara tidak langsung membaca dapat mengasah ketajaman otak.

Cegah alzheimer
Penemuan penelitian yang mengatakan bahwa orang dewasa yang memiliki hobi melibatkan otak cenderung memiliki penyakit Alzheimer atau penurunan daya ingat secara bertahap. Hal ini dipatahkan oleh peneliti baru yang mengatakan bahwa otak merupakan organ seperti organ lain yang ada di dalam tubuh, sedangkan membaca sama halnya seperti aktivitas fisik memperkuat jantung, otot, dan tulang. Justru aktivitas otak dapat memperkuat otak terhadap penyakit.

Tidur nyenyak
Banyak ahli merekomendasikan kepada Hard Rockers untuk menenangkan pikiran sebelum tidur. Membaca merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan, selama tak terlarut dalam suasana yang menyebabkan menjadi lupa untuk beristirahat, membaca dapat membuat tidur menjadi nyenyak.

sumber: fhm.co.id