Siap Tempur Pasca Lebaran

781
hrfm back to work

Apa sih masalah terberat lo setelah menghadapi libur lebaran? capek karena mudik, pegel karena muter-muter silaturahmi ke rumah keluarga, teman dan rekan kerja, atau justru berat badan yang naik drastis karena nggak tahan “silaturahmi” dengan makanan-makanan enak yang menggoda iman di depan mata?

Tenang, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal-hal tersebut. Nggak mau kan pas masuk kantor body nggak fit atau terlihat gendutan. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan:

1.  Perbanyak minum air putih ini penting banget.

2.  Konsumsi buah dan sayuran sebanyak mungkin, karena buah dan sayur kaya serat yang dapat dengan cepat membersihkan saluran pencernaan dan metabolisme tubuh.

3.  Mulai kembali berolah raga, yang simple dulu seperti berjalan kaki atau joging ringan.

4.  Istirahat yang cukup dan tepat. Saat puasa pola tidur sedikit berubah, istirahat yang kurang atau terlalu banyak justru akan semakin membuat tubuh jadi makin berasa capeknya.

5.  Kalau puasa hanya makan di saat sahur, coba deh kembali ke aktivitas sarapan pagi seperti biasanya. Percayalah, sarapan membantu otak berpikir lebih jernih.

7.  Nah, kalau yang berat badannya bertambah secara drastis, cobalah untuk mengurangi asupan gula, garam, dan karbohidrat. Mengganti menu daging dengan ikan atau lauk lain yang mengandung protein tinggi. Kurangi konsumsi santan dan hindari makanan cepat saji.

8.  Jaga porsi makan dan konsumsi vitamin atau suplemen yang cocok.

Sip kan? udah siap dong masuk kantor dan beraktivitas lagi?

Sumber: koran sindo, tabloid nova