Signs of a Liar

1069
signs of liar

Sering dibohongi? Pasti rasanya nggak enak ya! Apalagi kalau yang bohong itu orang terdekat kita, pasti menyesakkan.

Nah, daripada jadi korban kebohongan terus, mending Hard Rockers belajar mengenali ciri-ciri atau tanda orang saat berbohong. Tanda ini bisa dilihat dari bahasa tubuh, kontak mata, nada bicara dan olah nafasnya.

Mau tahu caranya? Berikut cara mengenal ciri-ciri orang berbohong:
 
Menyentuh hidung merupakan tanda mutlak, seseorang sedang berbohong. Ketika seseorang berbohong, tubuhnya memproduksi adrenalin, dan darah di kapiler mulai beredar lebih cepat. Sebagaian ujung hidung mengandung banyak pembuluh darah kecil, menciptakan perasaan gatal dan keinginan untuk menggaruk atau menyentuhnya.

Menggosok kelopak mata ketika kita berbohong, pasti kita takut untuk melihat lawan kita di depan mata, dan mencoba untuk menyembunyikan mereka. Maka, ada keinginan untuk berpaling, menyentuh, atau menggosok mata. Seorang pembohong takut tertangkap, sehingga ia mencoba untuk menghindari kontak mata.

Menarik telinga. Gerakan ini sudah ada sejak kita masa kanak-kanak, terutama disaat kita ingin menjauhkan diri dari orang tua yang menyalahkan, dengan cara menutup telinga dengan tangan. Jika seseorang gugup, dia menarik atau menggaruk lobus telinga. Menyentuh telinganya, ia berusaha untuk melepaskan diri dari kebohongan.

Cara bernafas. Ciri lain untuk mengetahui seseorang bohong adalah melalui olahan nafasnya. Saat bohong nafas akan cenderung cepat, bahkan hampir terengah-engah . Malah, disatu titik orang tersebut bisa saja berhenti bernafas, dan menarik nafas panjang untuk menenangkan atau mengontrol dirinya. [teks @Dont_D4 | foto Ist]